Proyek e-KTP

Kemendagri Cuma Jalankan 5 Rekomendasi KPK

Mendagri, Gamawan Fauzi
Sumber :
  • depdagri.go.id

VIVAnews - Kementerian Dalam Negeri mengaku tidak bisa menjalankan semua rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi terkait terkait pelaksanaan e-KTP.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Namun, lima dari enam rekomendasi KPK sudah dijalankan oleh Kemendagri. Satu poin rekomendasi KPK yang tidak bisa disepakati oleh Kemendagri adalah permintaan NIK tunggal saat proses e-KTP dilaksanakan.

"Kalau semua rekomendasi KPK dituruti, mengubah waktu dan pembiayaan e-KTP. Adapun untuk satu rekomendasi KPK tidak bisa dijalankan sekarang, sebab pelaksanaannya harus simultan dan berkelanjutan," ujar juru bicara Kemendagri, Reydonnyzar Moenek di Jakarta, Selasa, 13 September 2011.

Menurut Reydonnyzar, Mendagri Gamawan Fauzi sudah mengajak KPK untuk memberi masukan dan koreksi atas kewajaran harga dalam tender tersebut. Mendagri sudah mengundang BPK dan BPKP untuk meminta masukannya dan mempresentasikan rencana tender e-KTP di depan seluruh pimpinan KPK termasuk Busyro Muqoddas pada 24 Januari 2011.

"Kemendagri juga sudah melakukan cross check rekomendasi KPK dan semuanya sesuai prosedur," kata dia.

Reydonnyzar melihat, persoalan e-KTP yang saat ini muncul lebih pada upaya gangguan orang-orang tertentu yang memiliki jaringan dan kekuatan dengan memanfaatkan modal itu untuk membentuk opini publik.

"Dengan begitu pihak-pihak tertentu tersebut mampu menciptakan persepsi seolah tuduhan mereka kepada Kemendagri benar adanya," tuturnya.

Kemendagri juga menyatakan siap diperikasa oleh KPK. "Jika perlu dikonfrontir," tantang Reydonnyzar. (adi)

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024