Gubernur Jakarta Pastikan Stop Proyek Monorel

Tiang beton monorel yang mangkrak
Sumber :
  • republika

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan tidak akan melanjutkan proyek monorel setelah terhenti sejak 2004. Gubernur Fauzi Bowo kini terfokus pada pengembangan moda transportasi yang lebih baik dengan biaya yang tidak terlalu tinggi serta harga yang dapat dijangkau masyarakat.

Itulah sebabnya Pemprov DKI segera mengakhiri masa perjanjian kontrak dan konsesi dengan PT Jakarta Monorel selaku investor dan pengembang mega proyek ini.

"Saya sangat ingin monorel ini supaya ada ketegasannya. Permintaan pergantian dana investasi yang diminta perusahaan itu sebesar Rp 600 miliar tidak bisa kita penuhi," kata Fauzi Bowo di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa, 20 September 2011.

Format untuk mengakhiri perjanjian dengan PT Jakarta Monorel saat ini sedang dirundingkan dengan pengacara Pemprov DKI dan Biro Hukum DKI. Jika penyusunan format tersebut telah rampung, maka akan ditindaklanjuti dengan tahapan perjanjian lainnya untuk menyelesaikan perjanjian tersebut.

Mengenai penggantian biaya investasi terhadap PT Jakarta Monorel, diungkapkan Fauzi Bowo, pihaknya telah mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang menyatakan, ganti rugi dapat dibayarkan kepada investor monorel maksimal Rp204 miliar. Jumlah itu jauh lebih rendah dari angka yang diajukan PT Jakarta Monorel sebesar Rp600 miliar.

"Pemprov DKI berusaha mengupayakan seefisien mungkin untuk kebutuhan transportasi bagi warga Jakarta," jelas gubernur.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Jalan Layang

Seperti diketahui, rencananya Pemprov DKI Jakarta akan mengoptimalkan keberadaan tiang bekas proyek monorel untuk dimanfaatkan dalam pembangunan jalan layang khusus.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Monorel rencananya dibagi menjadi dua jalur, jalur hijau dan jalur biru, dan diperkirakan dapat mengangkut 120 ribu orang per hari. Monorel jalur hijau sepanjang 14,2 kilometer akan melayani Semanggi-Kuningan.

Jalur biru sepanjang 12,2 kilometer melayani Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy. Proyek monorel dikerjakan PT Jakarta Monorail. Perusahaan tersebut akhirnya gagal membangun proyek monorel di Jakarta karena mundurnya Bank Pembangunan Islam, Dubai.

Tiang untuk monorail sudah sempat terbangun kini dibiarkan mangkrak begitu saja, seperti kawasan Senayan dan Kuningan, Jakarta Selatan.

Emil Audero Mulyadi rayakan Scudetto Inter Milan

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

 Inter Milan sukses memastikan diri merebut Scudetto Serie A yang ke-20. Ternyata, ada 'orang Indonesia' yang ikut membantu La Beneamata merebut bintang kedua.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024