Jalan Pluit Yang Amblas Sudah Bisa Dilalui

Jalan rusak di Jakarta
Sumber :
  • bataviabusway.com

VIVAnews - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Ery Basworo, mengatakan mulai kemarin ruas Jalan Raya Pluit yang amblas sudah dapat dilewati. Perbaikan sudah dilakukan sejak Minggu. Dan perbaikan itu menghabiskan biaya sebesar Rp 100 juta.

"Setelah mendapatkan informasi tentang amblasnya ruas jalan itu hari Sabtu lalu, kami langsung melakukan perbaikan pada Minggu sore," ujar Ery Basworo di Jakarta, Rabu 21 September 2011.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Peralatan dan Perbekalan (UPT Alkal) Dinas PU DKI Jakarta, Sintong Sianipar mengungkapkan pihaknya telah memasang tiga gorong-gorong atau saluran air yang terbuat dari beton dengan daya tahan selama 30 tahun lebih. Selain itu, satu saluran air beton juga dipasang.

Menurut Sintong, total saluran air beton yang ditanam dalam jalan tersebut ada sebanyak empat saluran yang berbentuk pipa box culvert ukuran 1,5 x 1,5 meter.

"Sebetulnya jalan amblas dikarenakan saluran air atau gorong-gorong di dalamnya runtuh. Gorong-gorong itu runtuh karena sudah tua, dibangun sejak tahun 1978 lalu. Jadi, daya tahannya sudah tidak baik lagi, akhirnya runtuh," terang Sintong.

Setelah saluran air beton dipasang, jalan rencananya akan diaspal kembali sehingga aman dilalui kendaraan bermotor. Perbaikan dilakukan dengan melibatkan 30 orang petugas Dinas PU DKI dan Polda Metro Jaya. "Karena kami menggunakan alat-alat berat milik Dinas PU, maka anggaran perbaikannya pun tidak terlalu mahal," tuturnya.

Sintong memastikan, perbaikan akan rampung dalam satu hari ke depan. "Mudah-mudahan besok jalan itu sudah aman dilewati kendaraan bermotor," jelas dia.

Begini Cara Klaim Perbaikan Suzuki Jimny 3 Pintu, Gratis!
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Eks Karutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan, KPK: Kami Tentu Siap Hadapi

Langkah eks Karutan KPK Achmad Fauzi ajukan praperadilan ke PN Jaksel untuk memastikan sah atau tidaknya status tersangka terhadapnya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024