Hadapi Genangan, 70 Saluran Air Dinormalisasi

Kawasan Menteng Tergenang Akibat Hujan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Guna menghadapi musim hujan yang diperkirakan pada awal Oktober nanti, Suku Dinas Pekerjaan Umum air Jakarta Timur melakukan pengurasan dan normalisasi pada 70 titik saluran air di kawasannya.

"Ada 70 titik saluran air yang dinormalisasi karena mengalami pendangkalan dan dipenuhi sampah. Ini sangat rentan menyebabkan genangan air jika hujan tiba," ujar Kepala Sudin PU Air, Suhartono di Jakarta, Rabu, 21 September 2011.

Menurut Suhartono, pihaknya telah melakukan pekerjaan pengurasan dan normalisasi pada sejumlah titik sejak 25 Agustus lalu. Targetnya, awal Oktober ini bisa selesai.

Saluran air itu berada di kawasan Cakung, Duren Sawit, Pulogadung, Cipayung, Ciracas, Pasar rebo, Makasar, Kramatjati, dan Jatinegara. Normalisasi dengan pengangkatan tumpukan sampah di saluran air, tanah dan pasir yang menyebabkan pendangkalan.

Lebar dan kedalaman saluran air yang dinormalisasi bervariasi, mulai dari yang lebarnya setengah meter hingga satu setengah meter. Juga saluran air yang dalamnya setengah meter hingga tiga meter.

Dalam beberapa hari ini menurut Suhartono, normalisasi akan dilakukan pada tiga titik. Yaitu, saluran air mulai dari Jalan Raya Kalimalang hingga Jalan Dasuki di Duren Sawit. Saluran air di Jalan Pahlawan Revolusi dari Jalan Pondok Bambu Atas sampai di depan Swalayan Tiptop akan dilakukan setelahnya.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

"Saluran air dari Pangkalan Jati sampai depan supermarket Naga di Jalan Kalimalang," ujar Suhartono

Kemudian untuk saluran di Jalan DI Panjaitan atau By Pass yang kerap mengalami genangan air ketika memasuki musim penghujan, Suhartono mengatakan pihaknya tidak melakukan normalisasi di kedua titik tersebut dikarenakan itu merupakan wewenang dari Dinas PU DKI.

Sejauh ini, penyebab dari genangan air karena ada crossing pada titik saluran air yang melintas dan ditambah ukuran saluran airnya yang tidak ideal. Hanya sekitar 80 centimeter.

"Akibatnya air tidak lancar mengalir ke KBT sehingga tertahan dan meluap di ruas jalan.

Dengan dilakukannya Pengurasan dan Normalisasi saat ini, pihaknya berharap memasuki musim penghujan nanti, seluruh saluran air di Jakarta Timur sudah lancar. (umi)

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Cak Imin Harap Kerja Sama Koalisi Perubahan Berlanjut di Pilkada Aceh

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berharap partai yang tergabung dalam koalisi perubahan pada Pilpres 2024 lalu berlanjut hingga ke Pilkada Aceh.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024