Sabu Rp18 M Diselundupkan Pakai Alat Selam

Polisi menunjukkan barang bukti shabu
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, menggagalkan penyelundupan narkotika jenis metamphetamine atau sabu seberat 9.000 gram, dengan estimasi nilai barang Rp18 miliar.

Disampaikan Kepala Bea dan Cukai Bandara Soetta, Oza Olivia, penindakan penyelundupan ini dilakukan dari kecurigaan terhadap barang kiriman cargo asal Iran. Barang itu berupa dua tabung oksigen dan peralatan selam.

"Dengan memasukan sabu ke tabung oksigen, ini modus baru," kata Oza Olivia kepada Vivanews.com, Rabu 21 September 2011.

Menurutnya, setelah melakukan penyelidikan petugas berhasil mengamankan pemilik barang berinisial RS (30), warga Iran. Pelaku bekerja sebagai maintenance peralatan selam asal Iran. Pelaku tiba di Indonesia pada 17 September 2011, dengan pesawat Emirat Airline.

"Sedangkan barang tabung oksigen berisi sabu dibawa melalui cargo dua hari kemudian," ujarnya.

Lebih lanjut Oza mengungkapkan, penangkapan kali ini adalah sabu kelas satu yang merupakan jenis terbaik. Narkoba itu dimasukan dalam tabung oksigen tanpa dibungkus kemasan plastik.

Terkait dengan penyelundupan ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) sedang melakukan pengejaran terhadap jaringan narkotika lain di sebuah hotel kawasan Mangga Dua, Jakarta. Namun diduga jaringan narkoba ini telah mengetahui informasi itu.

"Saat ini, tersangka dan barang bukti diserahkan ke penyidik BNN untuk pengembangan lebih lanjut," katanya.

Sementara itu, pelaku dijerat UU no 35 tahun 2009, tentang narkotika, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun dan denda maksimal Rp10 miliar. Sementara dalam hal barang bukti melebihi 5 gram, tersangka bisa dipidana mati atau hukuman seumur hidup. (eh)

Laporan: Muhammad Iyus| Tangerang

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif
Kecelakaan beruntun akibat truk yang ugal ugalan terjadi di Gerbang Tol (GT) Halim, Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Polisi merevisi jumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Gerbang Tol (GT) Halim Utama.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024