Waspadai Modus Baru Penipuan Lewat SMS

ilustrasi sms
Sumber :
  • theexpiredmeter.com

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metro Jaya meminta masyarakat waspada terhadap aksi kejahatan dengan modus undian atau menang hadiah tertentu melalui pesan singkat atau SMS. Kini para pelaku menggunakan modus untuk menguras pulsa milik korbannya bila menjawab pesan itu.

"Dilakukan perorangan dan tidak bekerjasama dengan operator tertentu. Tapi operator harusnya bisa menghentikan. Karena bisa terlihat," ujar Kasat Subdit Cyber Crime, Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Hermawan, Jumat 23 September 2011.

Dikatakan Hermawan, pelaku penipuan dengan modus seperti ini biasanya menggunakan software tertentu untuk mengirimkan pesan secara acak ke banyak nomor dalam waktu yang bersamaan.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Meski belum menerima laporan terkait kasus pengambilan pulsa secara langsung ini. Tapi polisi akan menelusuri modus tersebut. Masyarakat diimbau agar tidak mudah terpengaruh apabila menemukan pesan singkat seperti itu.

"Kalau ada segera laporkan, karena sesuai dengan KUHP di atas Rp250 bisa diproses. Jangan penasaran. Kalau ada sms seperti itu dan tidak dikenal abaikan saja," katanya.

Selain SMS mama minta pulsa, saat ini muncul modus penipuan baru dengan menggunakan nomor pribadi berisi "kirim skrg uangnya ke rekening ini, bri;079101000742508 A/N; ANISA LESTARIm.

Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024