2012 Jakarta Bebas Genangan

Macet Akibat Genangan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memperkirakan Musim hujan akan dimulai pada Oktober mendatang, dan puncaknya terjadi pada awal tahun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI, Ery Basworo, mengatakan guna menghadapi musim hujan, pihaknya telah memulai perbaikan di 84 lokasi rawan genangan di jalan arteri dan kolektor di ibu kota. Dengan perbaikan itu, maka total 224 lokasi rawan genangan diselesaikan.

"Kami berharap genangan air tidak terjadi lagi di 2012," kata Ery, Senin 26 September 2011.

Kepala Bidang Pemeliharaan Sumber Daya Air Dinas PU DKI, Tarjuki, mengungkapkan, pengerjaan dibagi menjadi tiga paket tender. Paket pertama, pemeliharaan dan rehabilitasi sistem drainase untuk mengatasi 51 lokasi genangan di jalan arteri dan kolektor di Jakarta Pusat sebanyak 9 lokasi, Jakarta Selatan 24 lokasi dan Jakarta Timur 18 lokasi. Pagu anggaran paket ini senilai Rp55 miliar.

Paket kedua,  pemeliharaan dan rehabilitasi sistem drainase untuk mengatasi 25 lokasi genangan di jalan arteri dan kolektor di Jakarta Barat sebanyak 10 lokasi dan Jakarta Utara 15 lokasi. Pagu anggaran untuk paket ini senilai Rp 50 miliar.

Paket ketiga, pemeliharaan dan rehabilitasi sistem drainase untuk mengatasi 8 lokasi genangan di jalan arteri dan kolektor di seluruh wilayah DKI Jakarta. Kedelapan lokasi ini merupakan prioritas dengan pagu anggaran sebesar Rp 25 miliar.

Tarjuki mengungkapkan, delapan lokasi rawan genangan yang akan diperbaiki adalah Jalan DI Panjaitan-Cipinang Cempedak, Jalan DI Panjaitan-UP Cawang, Jalan Letjen Suprapto-UP Senen, Jalan Gunungsahari-Industri, Jalan Gunungsahari-Viaduk, Jalan Yos Sudarso-Sunter Kirana, Jalan MH Thamrin (gedung Jaya) dan Jalan Suropati.

"Paket I dan II telah selesai ditenderkan dan kontrak telah ditandatangani. Bahkan pengerjaannya telah mulai pada awal September ini. Sedangkan paket III baru selesai masa sanggah, dan sedang persiapan penandatanganan masa kontrak," kata Tarjuki.

Ketiga paket ini harus rampung pada akhir Desember 2012. Kalau tidak, kontraktor akan dikenakan penalti dan akan masuk dalam daftar hitam. Sehingga tidak akan bisa ikut dalam proses lelang proyek Dinas PU lainnya. (umi)

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Haru, Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Menangis Saat Pertama Dengar Suara Anak Perempuannya

Dalam kesempatan itu, Dude Harlino juga bercerita bahwa dirinya ikut masuk ke ruang operasi pada saat proses caesar Alyssa Soebandono dilakukan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024