1.000 Mahasiswa Demo, Desak Rektor UI Mundur

Demo Bem UI
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Mahasiswa Universitas Indonesia menggelar aksi demonstrasi mendesak perbaikan sistem di kampusnya, Rabu 28 September 2011. Jika tuntutan itu tak dipenuhi, para mahasiswa menuntut sang rektor, Gumilar Rusliwa Somantri mundur dari jabatannya.

"Sekarang sudah ada yang bergerak, baik di Kampus Salemba maupun Depok," kata Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI, Maman Abdurrahman kepada VIVAnews.com.

Menurut Maman, dalam demonstrasi ini BEM UI akan menggalang kekuatan antar fakultas untuk menyuarakan tuntutan mereka. "Sekarang sudah ada ratusan yang bergerak. Targetnya kita mengerahkan sekitar seribu lebih mahasiswa," kata dia.

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang dituntut oleh mahasiswa UI yang dinilai sebagai sumber kisruh di universitas terkemuka itu selama ini. Mahasiswa menuntut perbaikan sistem masuk mahasiswa baru ke UI. Selain itu, rektor didesak segera membentuk tim transisi UI dari kalangan independen.

Pembentukan tim transisi ini dilakukan seiring pembatalan UU BHMN oleh Mahkamah Konstitusi. Sementara, UI sudah menerapkan status tersebut. "Kami melihat ada pernyataan Mendiknas, rektor bisa dicopot jika tidak serius menindaklanjuti masalah ini," kata dia.

Maman menambahkan, hari ini sedang digelar sidang pleno di UI untuk membahas kisruh manajemen universitas. "Kita lihat, rektor datang apa tidak nanti. Jika tidak, kita akan kerahkan kekuatan yang lebih besar lagi untuk meminta dia mundur," kata dia.

"Kalau rektor datang dan merespons berbagai tuntutan itu, kita tidak akan mendesak dia mundur." (adi)

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN
Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024