Massa Demonstran UI di Salemba Makin Besar

Demo mahasiswa Universitas Indonesia di Salemba
Sumber :

VIVAnews - Sekitar 300 orang dari Paguyuban Pekerja Universitas Indonesia bergabung dengan sekitar 500 mahasiswa Universitas Indonesia yang menuntut pergantian Rektor UI. Dua kelompok massa bergabung dan berdemonstrasi di Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat.

Pantauan VIVAnews.com di Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Rabu 28 September 2011, sekitar pukul 13.45 WIB, massa pekerja UI mulai berdatangan. Massa yang tidak memakai baju seragam ini langsung menyemut masuk ke dalam kompleks kampus.

Massa pegawai UI ini sebelumnya juga berdemo di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Demo pekerja UI ini menuntut kejelasan status kepegawaian.

Massa mulai terlihat berhadapan dengan mahasiswa. Massa mahasiswa lalu membentuk barikade. Akhirnya, dua kelompok massa ini mencair dan bergabung. "Musuh bersama kita adalah mereka yang melakukan bentuk komersialisasi kampus," kata Jimmy, koordinator aksi demo pekerja UI.

Sebelumnya, massa mahasiswa dari Ikatan Keluarga Mahasiswa UI ini sudah tiba lebih awal. Massa mahasiswa menuntut perbaikan tata kelola UI. "Kami menginginkan adanya percepatan pemilihan rektor, bila tidak ada perbaikan tata kelola UI," kata Koordinator Aksi, Zakius Sadiki, dalam orasinya.

Poster-poster tuntutan dari mahasiswa juga dibentangkan, antara lain bertuliskan, "Perbaiki Tata Kelola Universitas Indonesia", "1950: UI Kampus Rakyat, 2011: UI Kampus Rektorat", serta bertuliskan, "Membangun UI = Membangun Bangsa."

Menurut Zakius, pemberian gelar doktor kehormatan Honoris Causa kepada Raja Arab Saudi menjadi pemicu buruknya tata kelola UI. "Pemberian gelar itu adalah awal mula ledakan kebobrokan tata kelola kampus," kata Zakius.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach
Zodiak

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Ramalan zodiak Rabu, 24 April 2024. Aries, teman dekat akan berbagi rahasia. Sagitarius, hubungan dengan kekasih mungkin tidak sehat. Capricorn menghadapi krisis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024