3 Rute Feeder Transjakarta Resmi Diluncurkan

Liburan tahun baru di Ragunan
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Tiga rute feeder busway resmi diluncurkan hari ini, Rabu, 28 September 2011. Bus pengumpang Transjakarta ini sudah siap beroperasi guna menyentuk aktivitas warga mulai tempat tinggal mereka hingga ke selter angkutan umum.

Peresmian peluncuran feeder busway ini dilakukan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di halaman kantor Walikota Jakarta Barat. Dengan ini diharapkan masyarakat dapat beralih ke angkutan umum massal.

Fauzi Bowo berjanji untuk menata angkutan umum massal lainnya setelah meluncurkan feeder bus ini. Setelah tiga rute yang diresmikan hari ini, akan ada beberapa rute lagi yang akan dibangun untuk feeder bus.

"Adanya feeder bus menjadi penilaian, contoh untuk angkutan massal lain. Masyarakat pengguna jasa dimita untuk merawatnya," kata Fauzi Bowo saat memberi sambutan dalam acara peresmian.

Rute bus pengumpan ini akan dibagi menjadi tiga, yakni rute pertama Sentra Primer Barat-Daan Mogot, rute kedua Tanah Abang-Balaikota, dan rute ketiga SCDB-Senayan.

Bus berukuran medium ini memiliki kapasitas 35 orang, terdiri dari 20 untuk penumpang duduk dan 15 untuk penumpang berdiri. Total armada yang akan beroperasi untuk tiga rute tersebut sebanyak 15 unit. Dengan rincian enam armada di rute 1, sebanyak empat armada di rute 2 dan lima armada untuk rute 3.

Adapun total jumlah halte yang disediakan untuk tiga rute ada sebanyak 19 halte, yaitu rute 1 ada 8 halte, rute 2 ada lima halte dan rute 3 ada enam halte.
Halte dibangun dengan undakan tangga, karena bus feeder memiliki dek tinggi seperti bus Transjakarta. Bus feeder harus disesuaikan dengan halte busway.
 
Koridor busway yang terintegrasi dengan feeder busway yakni di rute 1 feeder terintegrasi Koridor III (Kalideres-Harmoni) dan Koridot VIII (Lebakbulus-Harmoni), Rute 2 Feeder terintegrasi dengan Koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor II (Pulogadung-Harmoni). Sementara untuk rute 3 feeder terintegrasi dengan Koridor I dan Koridor IX (Pinangranti-Pluit).

Lintasan yang akan dilalui feeder busway, adalah untuk rute 1 akan melintasi RS Puri Indah-Walikota Jakarta Barat- Pasar Puri Sisi Utara-Pasar Puri Sisi Selatan-Mutiara Kedoya Sisi Timur-Kedoya Raya Sisi Barat-Kembangan Sisi Selatan-Pesanggrahan sisi timur-transfer poin koridor VIII-transfer point Koridor III.

Lintasan rute 2 adalah Jatibaru – Abdul Muis sisi barat – IRTI sisi selatan – Abdul Muis sisi timur (Kemenhub) – Jl Fahrudin sisi barat – transfer poin Koridor II – transfer poin Koridor I. Dan rute 3 melintasi BEJ-Komdak-Gelora Senayan-Plaza Senayan-Senayan Trade Center-Transfer poin Koridor I dan transfer poin Koridor IX.

Feder bus menggunakan sistem tiket terintegrasi dengan tiket bus Transjakarta. Harga tiket sebesar Rp 6.500 per orang, dengan rincian Rp 3.500 untuk tiket bus transjakarta dan Rp 3.000 untuk tiket feeder busway. (eh)

Meninggal Dunia, Ini Profil Dorman Borisman Aktor Senior yang Langganan Jadi Karakter Orang Batak
Gempa Bumi Guncang Mataram NTB dan Bali

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Bali diguncang gempa bumi bermagnitudo 5,2 pada pukul 05:09 WIB, yang berpusat di 97 kilometer Barat Daya Lombok Barat NTB

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024