2.100 Pohon di Jakarta Ancam Pengendara

Pohon tumbang di Kebayoran Baru
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Catharina Suryowati, mengatakan, dari 70 ribu pohon yang diteliti di ibu kota, tiga persen atau 2.100 pohon tergolong rawan tumbang.

PT Liga Tak Masalah ISC 2016 Digelar Lebih Awal

Oleh karena itu pengendara mobil dan sepeda motor diminta waspada saat melintas di bawah pohon besar ketika terjadi hujan disertai angin kencang.

Dia mengungkapkan, pohon-pohon itu dalam kondisi akar terpotong, batang keropos, dengan tingkat kemiringan hingga 30 derajat, serta daun rimbun.

"Dari penelitian yang dilakukan, tiga persen yang perlu diperhatikan. Kalau berat sekali risikonya seperti pohon sudah hampir mati dan hampir roboh maka akan ditebang," ujar Catharina Suryowati di Jakarta, Rabu 5 September 2011.

Dia mengatakan, di Jakarta ini total terdapat sekitar 4 juta pohon. Namun hingga saat ini baru 70 ribu pohon saja yang diteliti yakni yang berada di jalur jalan. Ditargetkan hingga akhir tahun ini penelitian bisa mencapai 100 ribu pohon.

Selain melakukan pemangkasan, jelas Catharina, Dinas Pertamanan dan Pemakaman juga menyiagakan petugas 24 jam untuk menangani adanya pohon tumbang.

"Ada enam posko yang siap membantu masyarakat jika ada peristiwa pohon tumbang, yakni posko dari dinas dan suku dinas di masing-masing wilayah," tambahnya.

Menurut Catharina, pihaknya juga menyiagakan petugas untuk berpatroli saat turun hujan. Hal tersebut dilakukan agar penanganan pohon tumbang bisa dilakukan secepatnya.

Mantan Bek Arema Cronus Merapat ke Surabaya United

"Kadang masyarakat selalu mengeluhkan penanganan pohon tumbang lama. Itu karena lokasinya jauh dari posko," ungkap dia.

Untuk itu, dia meminta bantuan dari masyarakat untuk dapat memberikan informasi lokasi pohon tumbang. "Masyarakat yang mengetahui adanya pohon tumbang dapat memberikan informasi ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI melalui posko pohon tumbang dengan nomor telepon 021-53674133 atau 021-53650412," jelasnya.

Dia menyebut, sepanjang tahun ini ada 104 pohon tumbang dan 88 pohon mengalami sempal. Warga yang menjadi korban atau yang dirugikan akibat pohon tumbang bisa mengajukan klaim ganti rugi ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI. "Ganti rugi akibat pohon tumbang maksimal Rp 10 juta," terang Catharina.  (eh)

Pemain Persija Jakarta

Persija Ajukan Banding atas Putusan DRC FIFA

Hal ini terkait soal pelunasan gaji mantan penyerang asingnya.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016