Kemendagri Ngotot e-KTP Rampung Akhir Tahun

e-ktp
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Permintaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperpanjang target pendataan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) hingga April 2012 ditolak oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Kemendagri bersikeras target pendataan bisa tetap selesai pada akhir 2011.

"Kami tetap berkomitmen dalam peningkatan layanan. Sehingga target tetap pada Desember 2011 ini," ujar Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Reydonniyzar Moenek, di Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2011.

Reydonnyzar mengatakan terkait peningkatan pelayanan ini, pihaknya akan mengadakan Rapat Kerja Nasional pada 17-18 Oktober 2011 mendatang bersama 197 Bupati dan Walikota serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tiap daerah.

Rapat ini, kata dia, akan membahas masalah optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Sedangkan, untuk masalah perangkat e-KTP yang rusak, Rey menjelaskan, ada petugas di lapangan yang akan mengecek dan melaporkan kerusakan untuk ditindaklanjuti.

Dia menerangkan sejumlah peralatan pendataan e-KTP yang sifatnya dipinjamkan, semestinya Jakarta hanya memperoleh 88 perangkat atau dua perangkat untuk masing-masing kecamatan di Jakarta.

"Basis pelayanannya kan awalnya ada 44 kecamatan di Jakarta. Tapi atas permintaan Gubernur dan melihat dinamika Jakarta yang banyak penduduk, pelayanan pun disebar ke 267 kelurahan. Akibat disebar ke 267 kelurahan, maka alat yang dibutuhkan menjadi lebih banyak," terangnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Kemendagri meminjamkan perangkat yang seharusnya merupakan stok 2012 kepada kelurahan-kelurahan di Jakarta .

Mengenai penambahan perangkat pada beberapa kelurahan, Rey mengaku akan mempertimbangkannya.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Selama penduduk yang dilayani dalam sehari lebih dari 30.000 penduduk, pihaknya akan mempertimbangkan penambahan perangkat dari tiga sampai lima perangkat.

"Jakarta kan ibu kota dan penduduknya banyak. Jadi harus bisa sebagai barometer untuk daerah lain dalam penerapan e-KTP," tutur dia. (umi)

Xiaomi, Redmi Pad Pro 2024

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Redmi Pad Pro menawarkan layar besar 12,1 inci dengan refresh rate 120Hz, performa tangguh dari Snapdragon 7s Gen 2, dan baterai 10.000 mAh yang tahan lama hingga berjam.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024