Venue Sea Games Jadi Tempat Larangan Merokok

Logo SEA Games 2011
Sumber :
  • Vivanews/Marco

VIVAnews - Selama perhelatan olah raga Sea Games XXVI yang berlangsung di Jakarta, sebanyak 24 venue atau tempat pertandingan dan areal pendukung lain akan ditetapkan sebagai Kawasan Dilarang Merokok (KDM). Larangan dilakukan guna menciptakan udara yang bersih, sehat dan bebas dari asap rokok.

"Kami menerapkan kesehatan lingkungan yang bebas asap rokok saat Sea Games. Sebelumnya sudah dilaksanakan pada Sea Games di Filipina dan Vietnam," ujar Kepala Bidang Penegakan Hukum Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLHD) DKI Jakarta, Ridwan Panjaitan, Kamis, 13 Oktober 2011.

Ridwan mengatakan, hingga kini masih terus dilakukan koordinasi dengan Panitia Penyelenggara SEA Games Indonesia (Inasoc) pusat dan Jakarta terkait penerapan Kawasan Dilarang Merokok. Selain tempat pertandingan, tambah dia, hotel dan restoran juga ditetapkan sebagai KDM.

"Semua yang ada di area pertandingan dan hotel tidak boleh ada yang merokok. Baik itu atlet, penonton, official, relawan bahkan pegawai hotel," tegasnya.

Agar penerapan ini berjalan dengan baik, ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi para pengelola gedung khususnya yang terkait dalam penyelenggaraan Sea Games. Di antaranya, para pengelola wajib memasang pengumuman Kawasan Dilarang Merokok dan melakukan pengawasan.

Mengenai petugas untuk mengawasi larangan ini, akan diambil dari perwakilan 30 Lembaga Swadaya Masyarakat dan dari beberapa universitas. Tapi belum dipastikan jumlahnya.

Iklan Rokok Dilarang

Selain menerapkan Kawasan Dilarang Merokok, dalam Sea Games kali ini diharapkan tidak boleh ada iklan produk rokok di sekitar lokasi penyelenggaraan Sea Games. BPLHD DKI berencana melayangkan surat ke Inasoc untuk mengantisipasi hal ini.

"Jika sampai ada yang penting kami sudah mengingatkan. Kalau bisa sponsor produk rokok juga jangan sampai ada," tuturnya. (umi)

Bukan Nanda Persada, Ternyata Ini Dia Sosok Dibalik Akun Lambe Turah
Mayjen TNI Candra Wijaya, merotasi jabatan Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka.

Mayjen TNI Candra Wijaya Rotasi Jabatan Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka, Ini Daftarnya

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya merotasi sejumlah jabatan pejabat utama Kodam XIII/Merdeka diantaranya tiga Perwira Tinggi dan lima Perwira Menengah.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024