VIDEO: Motor Penebar Paku Dibakar Massa

Massa Bakar Motor Penebar Paku di Jakarta
Sumber :
  • topik pagi-antv

VIVAnews - Si penebar paku ini kena batunya. Hardy, begitu namanya,  tertangkap tangan oleh warga sedang menyebar paku. Tak ayal, massa pun langsung menebar bogem ke sekujur tubuhnya. Bukan cuma itu, motor milik Hardy juga dibakar massa.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Tertangkapnya Hardy ini diketahui dari pengintaian yang dilakukan Relawan Saber. Saber adalah singkatan dari Sapu Bersih. Relawan ini bertekad menyapu bersih ranjau pakau, yang memang sering membuat pengendara di jalan celaka.

Dan Kamis, 20 Oktober 2011 kemarin, relawan Saber melihat Hardy beraksi. Ia bolak balik di Jalan Daan Mogot-Kali Angke, sembari asyik menebar paku. Muak melihat ulah si Hardy ini, relawan ini langsung menangkapnya. Disita pula barang bukti dari tangannya.  Tiga buah bungkus korek yang di dalamnya terdapat paku. 

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Mengetahui Hardy adalah penebar paku, warga  yang berada di lokasi kejadian pun marah alang kepalang. Hardy jadi bulan-bulanan massa. Dipukuli hingga babak belur. Beruntung, anggota Tim Relawan Saber kemudian menghubungi Polsek Cengkareng.

Dari pengakuannya kepada polisi, ternyata Hardy sudah kerap menebar paku di jalan tersebut. Alasannya, supaya usaha tambal bannya banyak 'pasien'. Kini, si tukang tambal itu pun harus meringkuk ditahanan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Lihat video sepeda motor penebar paku dibakar massa di tautan ini.

Baca juga tips saat terkena ranjau paku di sini.

Dari Tambal Ban Sampai Perampokan
Kejahatan dengan modus menebar paku memang kerap terjadi di jalan-jalan raya. Sasarannya jelas, pengendara sepeda motor dan mobil. Selain untuk mendapat uang jasa tambal ban, banyak punya yang mengunakan cara ini untuk merampok.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Lazimnya mereka melakukan aksinya di jalan sepi dan gelap. Bila pelaku bertujuan untuk menambah "klien" biasanya paku akan disebar tidak jauh dari dari kios tambal ban. Biar korban yang kendaraannya tertembus paku akan langsung datang ke tukang tambal ban itu.

Paku yang disebar tukang tambal ban adalah jenis kecil. Biasanya, paku ini disebar secara acak atau dimasukan ke dalam bungkus korek atau kertas-kertas agar menyamarkan. Untuk yang jenis ini, pengguna jalan diimbau untuk tidak sembarangan melindas kertas atau sampah yang ada di tengah jalan. Karena bisa jadi itu berisi paku.

Kemudian modus lain adalah dengan menggunakan kerangka besi payung. Meski lebih murah, tapi efek pada ranjau jenis ini akan lebih efektif karena ukurannya yang lebih besar dan mampu merobek ban motor dengan cepat. Besi payung biasanya dipotong kecil dan ditajamkan.

Untuk ukuran ranjau paku yang lebih besar, biasanya disebar pelaku aksi perampokan. Tempat yang sepi dan jauh dari tukang tambal ban akan memudahkan pelaku melakukan aksinya.

Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024