Amankan SEA Games, Ribuan Polisi Disebar

Peluncuran Logo Sea Games XXVI
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Sebanyak 10.886 personel gabungan polisi, TNI dan Satpol PP akan mengamankan jalannya SEA Games yang berlangsung di Jakarta. Pengamanan tersebut dimulai dari tanggal 8 hingga 27 November 2011.

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Komsaris Besar Pol Sujarno, menjelaskan jumlah personel gabungan tersebut dengan rincian 1000 personel TNI, 3000 satpol pp dan sisanya jumlah personel polisi.

"Semua personel mengamankan 18 tempat pertandingan dari 20 cabang olahraga yang akan berlangsung di Jakarta. Semua tempat dan akomodasi akan disterilisasi," ujar Sujarno, Jumat 21 Oktober 2011.

Sujarno menjelaskan, tempat-tempat pertandingan diantaranya Gelora Bung Karno, Senayan, Veldroome Rawamangun, Gor Ciracas, Ancol, Lapangan Sepak Bola Lebak Bulus dan tempat pertandingan berkuda di Arthayasa Stable, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Sementara itu, untuk 32 tempat akomodasi para peserta, lanjut Sujarno juga akan diamankan, tempat akomodasi juga tersebar di beberapa kawasan bahkan ada yang sampai di tempatkan di Pulau Putri yang berada di Kepulauan Seribu.

"Selain itu juga, sistem pengawalan peserta hingga ketempat pertandingan termasuk dalam pengamanan," kata dia.

Seperti diketahui, Untuk mengurangi kemacetan di Jakarat saat acara SEA Games berlangsung, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk meliburkan siswa sekolah di ibukota selama lima hari.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Udar Pristono,  pengalaman masa-masa libur sekolah, kepadatan kendaraan di jalanan cukup berkurang hingga 30 persen.

Sementara itu, Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Novizal, mengatakan selama jalannya ajang SEA Games, pengerjaan proyek saluran air di kawasan Thamrin dan Sudirman akan diselesaikan pada pertengahan Desember.

Tapi target ini dipastikan mundur, karena saat pelaksanaan SEA Games 11-22 November 2011, pengerjaan saluran air ini akan ditunda dan dilajutkan kembali setelah Sea Games selesai.

"Kalau sesuai kontrak selesainya pertengahan Desember. Tapi selama SEA Games kegiatan dihentikan dulu, setelah itu baru dilanjut lagi," katanya, Jumat 21 Oktober 2011.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Hadiri Akad Nikah Putri Gubernur Jambi

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto bersama istri menghadiri akad nikah Esy Risdianti, putri sulung Gubernur Jambi Al Haris.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024