2012, Feeder Busway Dibangun di Kelapa Gading

Sterilisasi Jalur Busway
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, berencana menyediakan bus pengumpan (feeder) TransJakarta di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dilaporkan Hilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas Dicor Dalam Rumah di Cimahi

Nantinya, keberadaan feeder bus di kawasan Kelapagading itu merupakan percontohan sekaligus yang pertama di wilayah Jakarta Utara.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono, berharap kehadiran feeder bus TransJakarta dapat membuat warga beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum, sehingga dapat mengurai kemacetan.

"Kelapa Gading akan kami jadikan percontohan feeder bus TransJakarta di Jakarta Utara. Setelah itu, kami akan kembangkan juga di kecamatan lainnya," terang Pristono, di Jakarta Rabu 26 Oktober 2011.

Surya Paloh Restui Anies Baswedan Maju di Pilkada DKI 2024, Begini Respons PKB

Dia mengungkapkan pemilihan Kelapa Gading sebagai percontohan karena wilayah ini berpotensi menampung banyak penumpang. Terlebih di kawasan itu banyak terdapat perumahan, pertokoan, mal dan sekolah. "Sehingga kami berperan serta mengurangi kemacetan di wilayah tersebut," tambahnya.

Pristono menjelaskan pembangunan feeder bus TransJakarta di wilayah Kelapa Gading, baru akan dilakukan pada awal tahun 2012 mendatang, dan diharapkan rampung di pertengahan 2012.

Pihaknya akan menyediakan enam unit bus feeder yang masing-masing berkapasitas 35 penumpang. Adapun rute yang disediakan yakni Jalan Yos Sudarso hingga Jalan Perinitis Kemerdekaan. "Ini masih sebatas kajian, dan gambaran dasarnya saja. Sedangkan detailnya baru nanti dibicarakan."

Jika proyek ini terealisasi, dia mengimbau, masyarakat dapat mengoptimalkan feeder dan bus TransJakarta demi mengurai kemacetan di Ibukota.

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

"Peran serta warga juga dibutuhkan dalam hal ini, yaitu tidak menggunakan jalur bus TransJakarta. Sebab, bisa menghambat kecepatan dan arus bus, sehingga berdampak pada jadwal yang terganggu," tuturnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Menlu Retno Khawatir Lihat Konflik Iran vs Israel, Dorong Deeskalasi di Timur Tengah

Menlu RI Retno Marsudi khawatir konflik Iran vs Israel dapat memicu konflik yang lrbih luas. Ia mendorong deeskalasi di Timur Tengah

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024