Banjir Pondok Labu

Warga: Marinir Rebut Lahan Kali Krukut

Banjir di Cawang, Jakarta Timur
Sumber :
  • ANTARA/Jefri Aries

VIVAnews - Warga menuding banjir yang terus melanda pemukiman di lima RT, RW 11, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, akibat adanya perebutan lahan di Kali Krukut oleh Marinir untuk fasilitas lapangan tembak.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Warga sudah melapor ke kelurahan, kecamatan, bahkan sampai tingkat DPRD, tapi belum ada realisasainya," kata Hari, 57, warga RT 11 saat ditemui VIVAnews.com di rumahnya, Senin 31 Oktober 2011.

Dia mengungkapkan, pembangunan gorong-gorong untuk lapangan tembak sudah dilakukan sejak Maret lalu.

Hari yang mengaku sudah tinggal 24 tahun di tempat itu menyesalkan, sebab menurut dia, penggunaan kali, tanah dan jalanan, harus ada izinnya.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

"Kalau saya pikir pembangunan gorong-gorong untuk lapangan tembak itu tidak ada izin," tambahnya.

Menurutnya, setelah banjir menimpa warga, Marinir sudah mendatangi rumah warga. "Tapi hanya memantau saja," ujar dia.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Selain itu, warga juga sudah datang ke kompleks Marinir untuk bertemu komandan,  tapi tidak pernah bisa terwujud. "Hanya dipertemukan dengan Mayor saja," jelasnya.

Dia khawatir, perebutan lahan Kali Krukut sebanyak enam meter itu membuat banjir lima tahunan yang melanda pemukimannya akan bertambah parah. "Soalnya, banjir yang sekarang saja bisa mencapai dua meter," kata Hari.

Korps Marinir sebelumnya membantah jadi penyebab banjir besar di Pondok Labu. Pimpinan kesatuan militer itu justru menyesalkan sikap warga yang membangun tembok dan mempersempit sungai.

"Jadi, sungai itu satu sisi punya marinir, satu sisi ada di warga. Warga membuang sampah terus ke sungai, mereka juga memajukan lahan ke arah kami," kata Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI M Alfan Baharudin, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com.

Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024