Kodam Jaya Akui Penyebab Banjir Pondok Labu

Banjir pondok labu
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Asisten Terotorial Kodam Jaya, Kolonel Napoleon mengatakan banjir yang melanda Pondok Labu, Jakarta Selatan terjadi karena adanya penyempitan sungai. Salah satu penyebab penyempitan itu adalah pembuatan lapangan tembak di Markas Marinir.

"Karena memang salah satunya dibuat bronjong untuk pelebaran lapangan tembak Marinir," kata Napoleon di Jakarta, Senin 31 Oktober 2011.

Dia mengatakan, pelebaran lapangan tembak Marinir itu sudah disosialisasikan ke masyarakat sebelumnya. "Tapi kalau itu masalahnya, nanti kita bicarakan lagi," kata Napoleon.

Namun, lanjut dia, pembangunan lapangan tembak oleh Marinir itu bukan satu-satunya penyebab menyempitnya sungai yang berada di kawasan itu. Menurut dia, warga juga turut andil dalam penyempitan kali itu. "Setelah saya pantau di lapangan, ternyata ada warga yang menambah dapur di belakang, sehingga kali menjadi sempit. Selain itu sampah yang menbumpuk. Itu yang membuat banjir," tutur dia.

Menurut dia, saat ini yang paling penting bukanlah saling menyalahkan. Namun, bagaimana menyelamatkan warga yang terendam banjir. "Jangan sampai ada korban jiwa," kata dia.

"Intinya dalam tahap bencana ini warga jangan ada yang sampai celaka. Kita sudah buat posko kesehatan dan makanan."

Banjir setinggi 1,5 meter merendam pemukiman warga di RT 11 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Banjir ini sempat menjadi perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Rencananya, Pemda DKI akan mengundang Marinir untuk berbicara masalah banjir ini. (umi)

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024