Ratusan Warga Pondok Labu Bakal Direlokasi

Banjir Pondok Labu
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Sejumlah pemukiman warga yang berada di bantaran Kali Krukut akan direlokasi guna mengatasi banjir yang kerap melanda kawasan di Keluruhan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Pembangunan waduk akan menjadi fokus pengentasan banjir di kawasan itu.

Seperti disampaikan Lurah Pondok Labu, Safri Djani, hingga kini belum dapat dipastikan jumlah kepala keluarga (KK) yang akan direlokasi. Tapi di kawasan RT 11 yang menjadi daerah rawan banjir, terdapat 658 jiwa yang kerap menjadi korban banjir.

"Belum tahu pasti berapa yang akan direlokasi. Keluarga yang bermukim di bantaran kali pasti akan direlokasi," katanya, Selasa 1 November 2011.

Sementara itu, salah satu upaya mengatasi banjir di kawasan itu sudah disampaikan Gubernur Fauzi Bowo, saat meninjau banjir di Pondok Labu. Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta saat ini membutuhkan lahan yang luas untuk membangun waduk. Kawasan Kampung Pulo, Pondok Labu, merupakan daerah yang lebih dulu direlokasi.

Dibutuhkan lahan seluas 1,6 hektar untuk membangun waduk. Saat ini sudah ada sekitar 1 hektar milik Dinas Pertamanan DKI. Partisipasi warga yang tinggal di bantaran kali untuk mendukung kekurangan lahan sangat diperlukan.

Pembangunan waduk sebagai proyek jangka panjang akan didahulukan dengan pengembalian fungsi sungai dan perluasan badan sungai. Saat ini sedang dibahas pemberian kompensasi sesuai peraturan yang berlaku untuk pembebasan lahan.

Hingga pagi ini, banjir di kawasan Pondok Labu masih terjadi. Luapan air kali krukut mulai naik ke pemukiman warga sejak pukul 05.30 WIB. Ketinggian air banjir sekitar satu meter. Kali ini ada enam RT yang kebanjiran.

Banjir di kawasan Pondok Labu sudah terjadi sejakĀ  bulan Maret lalu. Menurut warga, penurapan Kali Krukut untuk pelebaran lahan latihan tembak milik Marinir menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.

Terkait hal ini, pihak Marinir berjanji akan segera merampungkan pembongkaran tanggul. Dalam waktu dua hari ke depan, kali yang sebelumnya dipersempit akan dibongkar lagi. (umi)

Top Trending: Sosok Noni Belanda Jadi Anggota TNI sampai Polisi Beri Mahar Emas Palsu
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mengalami lonjakan peringkat yang cukup signifikan. Kini, rangking FIFA Indonesia ada di peringkat 134. Ada 8 negara Eropa yang peringkatnya di bawah.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024