PT KA akan Tambah Lima Stasiun KRL di Jakarta

Kereta di DIPO KRL Depok
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Kereta Api (KA) berencana menambah lima stasiun baru di Jakarta. Menurut Kepala Humas PT KA Daops I, Mateta Rizalulhaq, pembangunan stasiun baru itu merupakan bagian dari peningkatan pelayanan seiring dengan efektifnya penyederhanaan rute pada akhir tahun ini.

"Dengan adanya rute baru, diharapkan dapat menambah frekuensi perjalanan KRL, sehingga perlu ada penambahan stasiun," kata Mateta dalam perbincangan dengan VIVAnews.com.

Sekretaris Perusahaan PT Kereta Api Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, menyebut kelima stasiun yang akan dibangun itu yakni Mampang Baru, Roxy, Matraman, Tomang dan Bandengan.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Rencananya, stasiun itu akan terintegrasi dengan moda transportasi lain, TransJakarta.

Dia mengungkapkan dengan pola perjalanan baru, jarak tempuh sebagian besar KRL akan semakin pendek sehingga perjalanan di lintas itu bisa bertambah.

Jika kini perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) memiliki 37 rute, maka nantinya hanya memiliki enam rute. Dia mengungkapkan bahwa rerouting dilakukan supaya tidak terjadi lagi crossing (persilangan).

Seperti di stasiun Manggarai. Saat KRL dari Bogor masuk, semua penumpang dari Jatinegara akan menunggu cukup lama. Dalam sehari, akan ada 131 perjalanan KRL yang melayani rute Bogor-Jakarta Kota. Arah sebaliknya, Jakarta Kota-Bogor, sedikit lebih tinggi dengan 134 perjalanan per hari.

Rute-rute lainnya, Serpong-Tanah Abang 37 perjalanan KRL per hari dan dari arah sebaliknya 38 perjalanan. Bekasi - Jakarta Kota direncanakan 41 perjalanan.

Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati

Begitu pula dari arah sebaliknya. Rute Tangerang - Duri, 20 perjalanan KRL per hari, demikian pun sebaliknya. Sementara, rute Jakarta Kota - Tanjung Priok dan sebaliknya masing-masing dijatahkan 52 perjalanan KRL.

Tidak hanya jumlah perjalanan, headway jarak keberangkatan antar KRL pada jam sibuk akan ditingkatkan pula. Bogor - Manggarai ditargetkan memiliki headway tujuh menit, Bekasi - Manggarai 15 menit, Manggarai - Jakarta 4 menit, Manggarai - Tanah Abang - Jatinegara (loopline) 18 menit, Serpong - Tanah Abang 20 menit, dan Jakarta - Tanjung Priok 30 menit.

Dengan adanya gambaran itu, Makmur menargetkan daya angkut KRL tahun depan rata-rata 465.000 orang per hari. Langkah ini merupakan tahapan untuk mencapai pertumbuhan penumpang KRL 1,2 juta orang per hari pada 2019.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Rencananya, kata dia, ujicoba perubahan rute dilakukan awal November ini. Namun tidak dapat dilakukan karena berbenturan dengan adanya perbaikan gardu listrik. "Kami masih melihat kondisi di lapangan, serta kesiapan sarana dan prasarana penunjang," tutur dia.

Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024