Pulau Seribu Padam, Kabel Bawah Laut Dicek

Bermain kano di pantai pulau Sepa, Kepulauan Seribu, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Paramayuda

VIVAnews - Guna mengatasi pemadaman listrik berkepanjangan di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah setempat.

Unit Pengelola Teknis (UPT) Kelistrikan Dinas Energi dan Pertambangan Provinsi DKI Jakarta menerjunkan enam penyelam untuk mendeteksi kebocoran pada kabel listrik bawah laut yang menyebabkan pemadaman itu.

"Ditemukan lubang kecil pada kabel di titik 2.045 meter, pada kedalaman 12 meter dari permukaan air. Kebocoran antara Gardu Teluk Naga, Tanjung Pasir dan Pulau Untung Jawa," kata Bupati Kepulauan Seribu Achmat Lutfi, Kamis 10 November 2011.

Proses deteksi itu, akan dilakukan sampai gardu Teluk Naga. Hal serupa juga dilakukan pada kabel yang memanjang ke Pulau Untung Jawa. Karena ada kemungkinan kebocoran juga terjadi di titik lain.

Achmad Lufti menambahkan, guna menjaga keamanan lintasan kabel, jajaran Satpol PP Kepulauan Seribu diminta melakukan pemantauan terhadap aktifitas nelayan yang berada tidak jauh dari lintasan kabel.

"Harus sering dipantau, agar nelayan yang memasang bagan tancap atau lainnya dapat menjaga jarak aman," jelasnya.

Karena itu, dalam radius seratus meter sisi kanan dan kiri kabel harus bersih dari alat tangkap ikan, seperti bagan, cero, dan nelayan jaring.
"Pemilik bagan dan cero akan didata dan diberikan informasi, bila sewaktu-waktu terjadi korsleting kabel listrik bawah laut," ujarnya.

Seperti diketahui, ribuan rumah di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Jakarta, sejak Minggu 6 November 2011 padam akibat putusnya kabel listrik bawah laut.

Bupati Kepulauan Seribu Ahmad Ludfi, membenarkan padamnya listrik di 11 RW dengan jumlah penduduk hingga 10 ribu jiwa. Untuk Kelurahan Pulau Tidung, Pari, dan Untung Jawa akan mendapat bantuan genset dari DKI Jakarta.

Saat ini perbaikan listrik bawah laut sedang dilakukan PLN. Sedangkan bantuan genset akan diberikan kepada setiap RW sebagai pinjaman selama tiga minggu.

Terkait padamnya listrik, Kepulauan Seribu sudah berkordinasi dengan pengelelola listrik, yang dilakukan pihak UPT Dinas Pertambangan dan Energi DKI Jakarta.

Sementara itu, di Pulau Pari yang menjadi tuan rumah pesta olahraga SEA Games XXVI cabang olahraga renang putri maraton (over water swiming) listrik tidak mengalami gangguan. Namun untuk mengantisipasi, padamnya listrik, tetap akan dikirim genset.

Laporan: Arnes Ritonga| Jakarta Utara

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan
VIVA Militer: Bangkai helikopter Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM)

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Lima orang perwira militer Malaysia juga ikut tewas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024