11 Rusa Monas Dipindah ke Ragunan

Rusa-rusa di Monas
Sumber :
  • VIVAnews/Dwifantya Aquina

VIVAnews - Populasi rusa di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat telah berkembang biak sangat banyak, sehingga sudah memenuhi jumlah populasi ideal di kawasan itu. Saat ini, jumlah rusa di Monas sudah mencapai 61 ekor, melebihi 11 ekor dari jumlah maksimum sebanyak 50 ekor. Karena itu, 11 ekor rusa akan dipindahkan ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta Ipih Ruyani mengatakan untuk menyelamatkan rusa itu, dua ekor rusa yag terluka sudah dibawa ke Ragunan untuk diperiksa kesehatannya dan mengalami perawatan. Sebab, Ragunan memiliki pusat perawatan binatang yang cukup lengkap. Sehingga diharapkan kedua rusa itu bisa bertahan hidup dan sehat kembali.

"Maksimum populasi rusa yang dapat ditampung di kawasan monas maksimal sebanyak 50 ekor. Kami akan pindahkan secara bertahap rusa itu demi keselamatan rusa-rusa di Monas," kata Ipih di Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 13 November 2011.

Menurut Ipih, dinasnya bersama Suku Dinas Pertanian dan Peternakan Jakarta Pusat secara rutin memberikan makanan untuk rusa itu. Sedangkan untuk minumnya, pihaknya memanfaatkan air dari pompa air yg dikelola oleh Suku Dinas Pertamanan Jakarta Pusat.

Terkait dengan kebutuhan minum rusa, beberapa hari terakhir disuplai dengan menyediakan tanki air. Khusus hari ini, telah disediakan air yang ditampung dalam 3 bak fiber dengan total volume 3.000 liter. Dengan begitu, keseluruhan rusa tidak akan kehausan karena persediaan air minum sangat cukup.

"Selain itu, kami telah melakukan koordinasi di lapangan dan kami akan segera menanggulangi kebutuhan air minum untukĀ  rusa di Monas. Hari ini pun, kami sedangĀ  memantek sumber air, diharapkan 3 hingga 4 hari kedepan sudah dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan minum rusa itu," paparnya.

Kepala Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mengatakan pihaknya telah menerima kedua rusa yang terluka pada Sabtu, 12 November 2011. Saat ini, kedua rusa sedang dikarantina dan dalam perawatan dokter hewan TMR. "Kami berupaya untuk menyelamat kedua rusa tutul itu," ujar Enny.

Mengenai akan adanya sekitar 11 rusa tutul Monas yang akan dipindahkan ke TMR, Enny menyatakan TMR siap menerima rusa-rusa itu dan merawatnya dengan baik.

Makin Memikat! Kim Soo Hyun Bakal Isi Soundtrack Queen of Tears
Bharada E alias Richard Eliezer Pindah Agama Katolik

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Bharada Richard Eliezer, yang lebih dikenal dengan nama Bharada E, kembali menciptakan sensasi dengan pengumuman terbarunya berpindah agama menjadi Katolik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024