Ribuan Miras Asal Negara K-Pop Diamankan

Miras llegal
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Direktorat Jendral Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menggagalkan penyelundupan tiga kontainer minuman keras dari negara asalnya boyband-boyband K-Pop, Korea, senilai Rp2,5 miliar.

Minuman ini adalah jenis Soju yang merupakan minuman keras masyarakat Korea Selatan. Minuman ini mengandung kadar etil alkohol (MMEA) 19,5 persen.

Menurut Kepala Kantor Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, Iyan Rubiyanto, barang bukti yang diamankan totalnya mencapai 42.792 botol MMEA kadar 19,5 persen dengan merek JINRO dan 28.552 botol minuman ringan serta makanan ringan lainnya.

"Untuk pelaku sendiri atau importirnya adalah PT ABN, PT BKN, serta PT IP dengan modus memberitahukan barang secara tidak benar dalam pemberitahuan pabean," ujarnya saat ditemui di JITC, Jakarta, Senin 14 November 2011.

Potensi kerugian negara dari penyelundupan ini, lanjutnya, ditaksir sebesar Rp2,5 miliar.

Kronologi penangkapan ini, tambahnya, diawali informasi dan analisis intelijen terhadap importansi yang dilakukan oleh ketiga perusahaan tersebut.

Terpopuler: Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Mekkah sampai Alasan ke BaliSpirit Festival

"Kemudian dilakukan pendalaman melalui pemeriksaan fisik dan diketahui terdapat barang yang tidak sesuai dengan pemberitahuan yaitu soft drink, kertas dan buah," jelasnya.

Petugas telah menetapkan satu tersangka warga negara Korea Selatan berinisial LHT. Dan pelaku dijerat dengan Undang-undang No 10 Tahun 1995 tentang kepabeanan yang  telah diubah menjadi UU No 17 Tahun 2006, pasal 103 huruf a dengan ancaman hukuman 2 tahun dan denda Rp 5 milyar.

Dirjen Bea Cukai, Agung K menambahkan minuman keras merupakan salah satu produk yang dikenakan cukai, karena dengan alasan kesehatan produk itu dibatasi.

Selanjutnya barang bukti akan dimusnahkan menunggu keputusan pengadilan. "Pada kasus seperti ini, pelaku menghindari bea masuk yang mahal, akhirnya mereka membuat pemberitahuan tidak benar," papar Agung.

Laporan: Arnes Ritonga | Jakarta Utara, umi

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 5 Mei 2024
Ria Ricis

Terpopuler: Ria Ricis Diduga Sindir Teuku Ryan sampai Betharia Sonata Sakit

Round-up dari kanal Showbiz pada Sabtu, 4 Mei 2024. Salah satunya tentang Ria Ricis setelah rumah tangganya dinyatakan selesai alias bercerai.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024