Banjir Kiriman dari Bogor Datang 12 Jam Lagi

Sejumlah anak bermain air di depan rumahnya
Sumber :
  • Antara/Ujang Zaelani

VIVAnews - Dalam waktu 12 jam, kawasan Jakarta akan mendapat banjir kiriman dari Bogor, Jawa Barat. Bahkan, hujan yang terus terjadi di kawasan Puncak, akan membuat air kiriman datang lebih cepat.

"Puncak masih hujan. Debit Katulampa terus naik sejak pukul 15.35 WIB, dan diperkirakan dalam waktu 12 jam akan sampai Jakarta," ujar penjaga Bendungan Katulampa, Andi Sudirman, Senin 14 November 2011.

Ditambahkan Andi Sudirman, yang juga dikhawatirkan bila hujan terus terjadi di kawasan Bogor Kota dan Depok, meski saat ini kondisi debit air di pintu Depok masih normal atau sekitar 95 centimeter.

"Perlu khawatir dengan penambahan air di perjalanan, karena hujan di Kota Bogor dan Depok," katanya.

Meski diminta untuk waspada, tapi warga Jakarta juga diminta  tetap tenang. Karena intensitas hujan di kawasan Taman Matahari Puncak, sudah mulai menurun.

"Gerimis, tapi kemungkinan saja bisa turun debit airnya, karena di Puncak sudah selesai hujannya," kata Andi lagi.

Sementara itu, akibat curah hujan di Puncak dan Bogor pada siang tadi, diprediksi akan menyebabkan kenaikan debit air di Pintu air Manggarai. Sekitar pukul 02.00 WIB nanti, dan diperkirakan mencapai siaga 4.

"Air dari sana akan sampai di Manggarai paling cepat 10 jam dari sekarang," ujar Ibnu, petugas Pintu air Manggarai kepada VIVAnews.com.

Karena itu, masyarakat di wilayah yang menjadi langganan genangan air seperti  Rawajati, Bidara Cina, Kampung Melayu Kecil, Kebon Pala dan sebagian wilayah bantaran kali Ciliwung untuk waspada.

Perlu Kementerian Khusus Urus Program Makan Siang dan Susu Gratis

Saat ini, kondisi cuaca di Jakarta juga sudah mulai mendung tebal. Menurut prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebagian wilayah Jakarta akan terjadi hujan dengan intensitas sedang sejak sore hingga malam hari.

Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor, umi

Song Joong Ki

Pernah Jadi Kontroversi, Pose Song Joong Ki di Karpet Merah Baeksang Awards jadi Sorotan

Di antara selebriti yang membuat heboh di karpet merah adalah kehadiran Song Joong Ki. Aktor tersebut tampil necis dalam balutan setelan tuksedo hitam-putih.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024