Dirjen PAS: Kasus Salemba di Luar Kendali

Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Direktur Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sihabudin menuturkan, penyimpangan di rutan Salemba, Jakarta Timur, di luar kendalinya.

"Itu di luar kendali saya, saya baru dua bulan menjabat. Itu kan kejadiannya pada 2008," ujar Sihabudin usai acara serah terima jabatan Kanwil Provinsi DKI Jakarta Kemenkum HAM, di Jakarta, 15 November 2011.

Pengungkapan penyimpangan yang terjadi di rutan Salemba, menurut Sihab, merupakan hal yang sangat sensitif dan terlalu vulgar. "Kalau kita menuntut balik sebenarnya bisa saja," ujar Sihabudin.

Di masa jabatannya yang baru menginjak dua bulan ini, Sihabudin menegaskan, akan melakukan perbaikan-perbaikan dari berbagai aspek.

"Saya akan mencoba suasana lapas yang full kapasitas, saya akan coba pecahkan masalah itu dari aspek mana saja," ujar Sihab

Mengenai adanya praktik prostitusi di dalam rutan, menurutnya, hal itu merupakan cerita sejak lama. "Masalah pemenuhan biologis napi pernah dilontarkan jaman almarhum Ali Said," ujar Sihabudin.

"Di Indonesia ini menjadi masalah. Namun Swedia dan Eropa bila narapidana membutuhkan hari ini bisa disiapkan," ujarnya.

Adalah Syarifudin . Pane, mantan napi Salemba yang mengungkapkan bagaimana kehidupan di dalam penjara. Mulai dari harga 'kamar' yang mencapai Rp30 juta, sampai praktik prostitusi. Semua ia abadikan dalam video.

Warga Jalan Pintu 2 TMII, Makasar, Jakarta Timur, ini mendekam di rutan Salemba, pada 2008 selama 4 bulan atas kasus pemalsuan dokumen visa Amerika Serikat.

Pria yang berprofesi sebagai pengusaha di bidang ekspor impor ini mengaku merekam semua aktivitas napi di dalam rutan.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Baca cerita lengkap Syarifuddin di tautan ini. (umi)

Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024