Empat Jam, Banjir Kiriman Akan ke Jakarta

Banjir Pondok Labu
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Setelah status Bendungan naik menjadi siaga tiga sejak sore tadi, diperkirakan tak lebih dari empat jam, banjir kiriman dari Bogor akan menggenangi pemukiman warga di Jakarta.

Wilayah yang berada di bantaran kali Ciliwung, seperti Kalibata, Rawajati dan Cawang, adalah daerah paling mungkin digenangi air banjir kiriman ini.

Sampai pukul 23.20 WIB, Pintu Air Manggarai masih pada posisi normal, ketinggiannya 660 centimeter. Mungkin tiga atau empat jam lagi air dari Bogor baru akan masuk Jakarta. "Air kiriman sampai Jakarta pukul 03.00 atau 04.00 WIB," kata penanggung jawab Pintu Air Manggarai, Parjono, Kamis 17 November 2011.

Parjono menegaskan, jika air kiriman sudah masuk Jakarta, debit air di Pintu Manggarai ada pada titik siaga IV, atau sekitar 770 hingga 780 centimeter.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras yang turun di wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat, sejak sore, mengakibatkan air di Sungai Ciliwung meluap. Bahkan status Bendungan Katulampa sudah naik menjadi siaga tiga.

Penjaga pintu air Katulampa, Andi Sudirman menjelaskan, hujan deras yang terjadi sejak sore, membuat ketinggian air di Katulampa sudah naik mencapai  120 centimeter sejak pukul 18.50 WIB.

"Dalam satu jam naik menjadi 120 centimter. Sebelumnya ketinggian air hanya 70 centimeter," kata Andi Sudirman, Kamis 17 November 2011.

Sudirman minta kepada warga yang berada di bantara untuk mewaspadai air kiriman dari Bogor. Diperkirakan, dalam waktu 12 jam air kiriman akan sampai Jakarta, meski dipastikan tak ada penambahan air di perjalanan.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir
Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024