Kasus Raafi Aga

Pelemparan Puntung Rokok Bukan Pemicu

Raafi Aga Winasya Benjamin
Sumber :

VIVAnews - Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Imam Sugianto mengungkapkan, pelemparan puntung rokok menjadi pemicu penyerangan terhadap kelompok Pangudi Luhur.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Hingga akhirnya terjadi perkelahian dan berakhir penusukan terhadap Raafi Aga Winasya Benjamin.

Namun, tim advokasi Brawijaya IV membantah dugaan tersebut. Menurut juru bicara avokasi Brawijaya IV, Allova Mengko, pelemparan puntung rokok bukan pemicu hingga terjadinya penusukan.

"Sebelum ada pelemparan puntung rokok, sudah ada perkelahian terlebih dulu yang diawali pemukulan terhadap siswa PL," ujar Allova saat berbincang dengan VIVAnews.com, Sabtu 19 November 2011.

Menurut Allova, pelemparan puntung rokok adalah reaksi saat terjadinya perkelahian antara kelompok PL dan kelompok Michael. "Bukan pelemparan puntung rokok pemicunya. Itu reaktif. Mereka sadar," imbuhnya.

Namun, Allova belum mengetahui sebab yang mengakibatkan terjadinya perkelahian antar kedua kelompok itu. Hingga akhirnya menewaskan Raafi.

"Kalau kata polisi kan karena senggol-senggolan saat berjoget. Tempatnya juga kan memang kecil. Nah, kalau ada pihak yang marah kan seharusnya tidak perlu ada pembunuhan," ungkapnya.

Dia juga menyayangkan, pernyataan polisi yang akan mempidanakan pihak yang melempar puntung rokok.

"Saksi dari siswa jadi takut karena ada pernyataan seperti itu. Mereka mau bersaksi kok mau diancam pidana. Padahal itu (pelemparan puntung rokok) bukan pemicunya," katanya.

Sebelumnya, Imam Sugianto mengatakan, setelah melakukan pra rekonstruksi, diketahui penyebab kelompok PL diserang kelompok Michael.

"Setelah dilakukan, kami sudah mendapatkan lebih jelas bahwa ada pemicu mengapa kelompok Pangudi Luhur diserang. Dari hasil kemarin, ada salah satu teman korban dalam keadaan tidak sadar karena minum alkohol melempar puntung rokok ke kelompok lain," ujar Imam.

Saat kejadian ada dua kelompok yang kebetulan merayakan ultah salah satu anggota kelompoknya, di antaranya siswa SMA Pangudi Luhur. Kedua kelompok ini duduk saling berdekatan. (sj)

Ilustrasi laboratorium.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Pameran teknologi dan peralatan laboratorium terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya di Indonesia, Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024