Satu Juta Lelaki Jakarta Pelanggan PSK

Penangkapan wanita China yang diduga PSK
Sumber :
  • VIVAnews/Aries Setiawan

VIVAnews - Kurang lebih satu juta laki-laki di DKI Jakarta adalah pelanggan pekerja seks komersial. Sebanyak 20 persen telah beristri dan berpotensi besar menularkan virus HIV kepada istrinya.

Demikian hasil survei Dinas Kesehatan DKI Jakarta bekerja sama dengan sekitar 40 lembaga swadaya masyarakat di lima wilayah kota di Jakarta.

Menurut Sekretaris Jenderal Komisi Penanggulangan AIDS DKI Jakarta, Rohanna Manggala, jumlah sebesar itu adalah estimasi dari hasil survei yang dilakukan di lima wilayah kota DKI Jakarta.

"Mereka sangat berisiko tinggi menularkan HIV/AIDS kepada istri mereka," ujar Rohanna di Jakarta, 25 November 2011.
    
Rohanna menambahkan, penularan HIV/AIDS di Jakarta juga dipicu oleh penggunaan NAPZA, jarum suntik dan hubungan seks sesama jenis.

"Kurang lebih 11 ribu dipicu pengguna NAPZA, suntik (penasun) sebanyak 61 ribu, termasuk GWL (gay, waria dan lesbian)," ujar Rohanna

Berdasarkan hasil survei tersebut, pria Heteroseksual (penyuka lawan jenis) jumlahnya lebih banyak dari pada pria homo seksual.

Hingga Juni 2011, angka kematian karena HIV/AIDS di ibukota sebanyak 109 orang. Jumlah penderita HIV mencapai 675 orang, dan AIDS 509 orang. Angka-angka itu diperoleh berdasarkan data Seksi Surveilans Epidemiologi HIV dan AIDS.

"Sebagai pembandingnya, pada 2010 kasus HIV sebanyak 1.433, dan AIDS 1.310. Kasus dengan angka kematian 208," kata Rohana.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, wilayah Jakarta Barat menempati peringkat pertama penderita HIV dan AIDS yakni sebanyak 209 orang.

Urutan kedua Jakarta Timur sebanyak 207 orang, kemudian disusul Jakarta Pusat sebanyak 194 orang, Jakarta Utara sebanyak 135 orang, Jakarta Selatan 114 orang. Di luar wilayah DKI Jakarta 304 orang, dan tidak diketahui 21 orang. (umi)

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial
Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat malam-malam bersama jajaran pejabat Kemenkeu

Finance Minister Held Meeting to Discuss Impact of Iran-Israel Conflict

Finance Minister Sri Mulyani Indrawati held a meeting with the officials in her ministry to discuss the economic and financial situation due to the heated geopolitical si

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024