Rusuh BlackBerry Murah, Polisi Periksa RIM

Antrian Blackberry di Pacific Place
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kepolisian Resor Jakarta Selatan akan memintai keterangan  perwakilan produsen BlackBerry atau Research in Motion (RIM) Indonesia, terkait kericuhan saat antrean pembelian produk baru mereka di Sudirman Central Business District  (SCBD) yang mengakibatkan 90 orang pingsan dan tiga orang patah tulang.

"Hari ini diperiksa, mereka (RIM). Mereka minta diperiksa hari Senin karena harus didampingi penerjemah. Kami upayakan hari ini, mudah-mudahan tidak mundur lagi," ujar Kapolres Jakarta Selatan, Komisaris Besar Imam Sugianto di Polda Metro Jaya, Senin 28 November 2011.

Polisi akan memintai keterangan kepada penanggungjawab BlackBerry Indonesia itu terkait pelaksaan kegiatan promosi mereka. Hari ini, pengelola Pacific Place juga akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

Hingga saat ini, sudah 10 orang saksi dimitai keterangan. Mereka adalah penyelenggara, keamanan, RIM atau produsen Blackberry. Sementara satu orang dari pihak penyelenggara sudah ditetapkan sebagai tersangka. Tapi masih ada kemungkinan tersangka bertambah.

Tapi untuk tersangka, polisi tidak melalukan penahanan. Karena tersangka masih dianggap dapat bersikap kooperatif terhadap penyidik dan membantu proses penyidikan.

"Meski di pasal 360, tersangka bisa ditahan tetapi kami tidak melakukan penahanan. Membantu penyidikan, itulah salah satu dasar mengapa tidak kita tahan. Jadi wajib lapor saja," kata Imam.

BlackBerry Bold 9790 atau yang lebih dikenal dengan kode nama Bellagio diluncurkan di Indonesia. Promosi dilakukan dengan pemberian potongan harga sebesar 50 persen. Ini sontak menyebabkan ribuan orang antre untuk mendapatkan barang baru ponsel pintar ini.

Tapi antrean itu kemudian berlangsung ricuh. Banyak calon pembeli yang pingsan dan luka-luka hingga mencapai puluhan orang.

Sejauh ini, RIM mengakui telah bekerja sama dengan personel keamanan. Kericuhan itu pula yang menyebabkan acara terpaksa ditutup.

Menurut RIM, Indonesia menjadi lokasi peluncuran Bellagio karena Indonesia merupakan pasar penting BlackBerry. RIM menjelaskan lebih dari 1.000 unit Bellagio telah terjual. Selanjutnya, RIM akan melakukan penjualan Bellagio di gerai-gerai penjualan. (adi)

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah
Donald Trump dan Karen

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Proses persidangan kasus uang tutup mulut Donald Trump memasuki minggu ini, dua pengacara bersiap untuk menginterogasi para saksi. Salah satunya, ada nama Karen McDougal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024