Ricuh BB, Polda Teliti Kelalaian Pemberi Izin

Antrian Blackberry di Pacific Place
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sebanyak 90 orang pingsan dan luka serta tiga orang mengalami patah tulang saat antre pembelian Blackberry Bold 9790 Bellagio di Pasific Place pada 25 November 2011 lalu. Terkait hal ini, Polres Jakarta Selatan sudah memeriksa 12 saksi.

Selain memeriksa penyelenggara acara promo BlackBerry, polisi juga sudah melakukan pemeriksaan internal terhadap pejabat di Polsek Kebayoran Baru. Pemeriksaan dilakukan untuk mengklarifikasi izin yang dikeluarkan untuk acara itu.

"Kita juga sudah memproses pimpinan di Polsek Kebayoran secara internal oleh Propam. Terkait hasilnya saya belum mengetahuinya," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, Selasa, 29 November 2011.

Menurut Baharudin, polisi tidak bisa langsung memberikan sanksi berupa pencopotan terkait peritiwa itu, sebab untuk menentukan kelalaian butuh waktu lama. 

Terlebih, acara yang diselenggarakan di Pasific Place itu bukan kali pertama terjadi. Karena ajang promosi Blackberry sudah hampir tiga kali dilakukan, tetapi baru kali ini yang memakan korban.

"Sanksi akan diberikan apabila sudah terbukti dipersidangan, karena ada mekanisme penegakan disiplin," kata Baharudin.

Dalam kejadian ini, penyelenggara semula hanya meminta empat personel polisi dari Polsek Kebayoran Baru untuk mengamankan acara. Mereka beranggapan, pengamanan dapat ditangani dengan 80 petugas kemanan di Pacific Place. Tetapi apa yang diperkirakan panitia ternyata salah.

Pelaksana kegiatan juga hanya memberitahu jika penjualan BlackBerry dalam kegiatan tersebut sebanyak 250 unit, tapi kenyataannya yang dijual 1.000 unit.

Dalam penjualan terjadi kericuhan karena RIM sudah berjanji akan melayani semua pengunjung yang hadir. Ini juga yang membuat antusias masyarakat untuk hadir dan rela antre membeli telepon pintar itu.

Sejauh ini, RIM mengakui telah bekerja sama dengan personel keamanan. Kericuhan itu pula yang menyebabkan acara terpaksa ditutup.

Menurut RIM, Indonesia menjadi lokasi peluncuran Bellagio karena Indonesia merupakan pasar penting BlackBerry. RIM menjelaskan lebih dari 1.000 unit Bellagio telah terjual. (eh)

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024