Dua Pencuri Terekam CCTV Gunakan Modus Lama

Aksi Pencurian Terekam Kamera CCTV
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Dua pelaku pencurian yang terekam Closed Circuit Television (CCTV) di rumah seorang warga di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, menggunakan modus lama dengan mengelabui pembantu dan berpura-pura sebagai orang suruhan pemilik rumah. keduanya ditangkap di kampung Makasar, Jakarta Timur, pada Sabtu, 26 November 2011 lalu.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Gatot Edi Promono menjelaskan, kedua pelaku mengaku sebagai orang suruhan pemilik rumah untuk memperbaiki barang elektronik seperti AC, dan lain sebagainya yang sedang rusak. Khusus yang di Rawamangun, pelaku mengaku diminta  pemilik rumah untuk mengukur lantai karena ingin memasang karpet.

Dari pengakuan pelaku yang berinisial SW dan D, meraka baru dua kali melakukan kejahatan dengan modus yang serupa.  Tapi polisi tetap akan mengembangkan lagi, untuk memastikan kemungkinan lain bahwa keduanya pernah beraksi di tempat lain.

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

Mereka biasanya mengincar perumahan yang sepi dan hanya ada pembantu saja. Guna meyakinkan korban, keduanya selalu membawa peralatan kerja.

"Dari pengembangan, ternyata pelaku sudah beraksi di dua tempat. Satu aksi mereka terekam CCTV. Dari pelaku diamankan jam tangan, handphone, stnk," jelas Gatot, Selasa, 29 November 2011.

Sementara itu, terkait dengan aksi pencurian di Har, yang terekan CCTV pada 19 November 2011 lalu dan sempat diunggah di Youtube lantaran korban memiliki pengalaman yang kurang baik dengan polisi, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar tidak ingin memperdebatkan persoalan ini.

Melihat banyaknya aksi kriminalitas serupa, ia hanya mengimbau agar masyarakat menyerahkan segala tindakan kejahatan kepada polisi. Dan bila menemukan modus yang mengaku disuruh pemilik rumah untuk melakukan sesuatu, diharapkan dikroskcek terlebih dahulu.

Jangan langsung dipercaya. Pemasangan CCTV memang sangat berguna dan dapat membatu pihak kepolisian untuk mengindentifikasi para pelakunya.

"Kita minta kepada semua masyarakat untuk selalu waspada," ujarnya.

Sebelumnya, Har yang mengunggah aksi kejahatan di rumahnya ke Youtube, dipanggil polisi untuk mengindentifikasi pelakunya. Rekaman CCTV saat maling beraksi diberi judul 'Thieves in Rawamangun, East Jakarta, Caught in CCTV Camera'. YouTube menjadi pilihan Har dengan harapan pelakunya dapat tertangkap.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran
MIND ID.

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

MIND ID memastikan juga turut membantu masyarakat meredam dampak el nino hingga kenaikan harga pangan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024