Ujicoba Pola Baru Rute KRL

Penumpang Kereta Jarak Jauh Juga Mengeluh

Kereta Api
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Hari kedua ujicoba kereta lingkar kota (loopline) masih menuai keluhan dari para penumpang. Seperti pengguna KRL commuter line di Stasiun Jatinegara. Penumpang mengaku sistem yang baru ini justru menyulitkan penumpang.

Menurut salah satu penumpang dari Stasiun Tanah Abang tujuan stasiun Kranji, Ilham, 27, dirinya terpaksa menunggu kedatangan KRL hingga 25 menit.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

"Biasanya langsung saja dari Tanah Abang, sekarang jadi rumit dan buang waktu karena rutenya dipecah-pecah," ujar Ilham di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat, 2 November 2011.

Deborah, 33, penumpang kereta jarak jauh tujuan Cirebon juga mengaku kecewa karena akibat pola baru ini dia harus menuju Stasiun Gambir terlebih dahulu untuk naik kereta jurusan Cirebon.

"Katanya sejak penerapan jadwal baru loopline, Stasiun Jatinegara memang sudah tidak dilewati kereta Cirebon Ekspress," ucap Deborah.

Ia mengaku bingung dengan sistem yang ada saat ini. "Sekarang sistemnya jadi ribet," kata wanita yang berprofesi sebagai guru ini.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Dalam pola baru ini, PT Kereta Api memberlakukan semua kereta api kelas ekonomi dan bisnis jarak jauh tidak berhenti di Stasiun Manggarai, Jatinegara, Bekasi, Karawang, dan Cikampek. Penumpang naik kereta dari stasiun pemberangkatan awal.

"Sebagian penumpang yang turun di Stasiun Jatinegara dari arah Bekasi maupun Pasar Senen harus menunggu kereta lanjutan untuk menuju sejumlah stasiun tujuan mereka di Kota atau Tanah Abang," kata salah satu petugas keamanan yang tidak mau disebutkan namanya.

Petuga itu juga mengatakan sempat terjadi aksi protes dari penumpang. Namun, hal tersebut telah diantisipasi oleh petugas. "Tadi pagi sempat ada penumpang komplain karena harus menunggu kereta datang sekitar 25 menit. Tapi, tidak ada kericuhan," ujar petugas tersebut

Dia mengungkapkan Jumat pagi tadi, Manager Keselamatan dan Kecelakaan PT Kereta Api juga sempat datang dan memantau uji coba rute baru ini.

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget
Tempat camping

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Hobi camping? Kunjungi lokasi kemah populer di luar negeri ini bersama pinjaman bunga rendah yang praktis!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024