Delapan Hari Razia, 3.005 Kendaraan Ditilang

Razia Lalu Lintas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Hari ke delapan Operasi Zebra Jaya 2011, sebanyak 3.005 kendaraan ditilang di wilayah operasi Polres Metro Tangerang Kota. Dibandingkan dengan operasi pada Juli lalu, jumlah pelanggaran kali ini mengalami peningkatan.

"Jumlah tersebut di antaranya terdiri dari 1.317 pelanggaran SIM dan 1.558 STNK," kata Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota, Ajun Komisaris Besar Pamudji, kepada VIVAnews.com, Senin, 5 Desember 2011.

Pamudji mengatakan tingginya pelanggaran disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Seperti di kawasan Ciledug, banyak pengendara yang melanggar karena kelengkapan infrastruktur dan rambu-rambu lalu lintas yang minim.

"Selain itu, sebanyak 14 kendaraan roda empat dan 86 kendaraan roda dua dikandangkan. Pengendara ditahan karena tidak membawa surat-surat kendaraan yang lengkap," ujarnya.

Kendati demikian, angka kecelakaan pada razia kali ini mengalami penurunan, yaitu satu orang luka berat dan delapan luka ringan.

Salah satu pengguna jalan yang kena tilang, Karim, mengaku tidak tahu bahwa hari ini polisi melakukan razia. "SIM C saya ketinggalan," ujar warga Jembatan Lima tersebut.

Karim dikenakan Pasal 281 UU Nomor 22 Tahun 2009. Ia diharuskan untuk membayar tilang sebesar Rp100 ribu.

Selain melakukan razia di jalan. Satlantas Polres Metro Tangerang Kota juga melaksanakan sosialisasi tertib berlalu lintas di sekolah, terminal, dan halte.

Sosialisasi melibatkan personel sabhara, lalu lintas, polisi militer, satpol PP, dan Dinas Perhubungan. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan dan menguraikan kemacetan jalan akibat tidak tidak tertibnya lalu lintas.

Laporan: Muhammad Iyus | Tangerang

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024