Tutup Tahun, 44 Busway Gandeng Dioperasikan

Bus TransJakarta gandeng
Sumber :
  • suaratranjakarta.org

VIVAnews - Dinas Perhubungan DKI Jakarta berjanji akan mulai mengoperasikan 44 armada bus gandeng (articulated bus) TransJakarta pada 30 Desember 2011.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Penambahan armada ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bus Transjakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan saat ini ke-44 armada bus gandeng sudah masuk tahap penyelesaian, seperti pemasangan jok dan pintu.

"Sekarang sudah masuk tahap finishing. Tinggal penyempurnaan saja, seperti pemasangan pintu dan jok. Akhir Desember sudah dapat dioperasikan," ujar Pristono kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa, 6 Desember 2011.

Pristono menjelaskan, nantinya sebanyak 21 unit bus akan digunakan untuk Koridor XI (Pulo Gebang-Kampung Melayu) dan 23 unit lainnya digunakan sebagai armada tambahan bagi koridor-koridor lain jika mengalami kekurangan armada.

Adapun anggaran untuk pengadaan 44 armada bus gandeng ini sekitar Rp167,2 miliar. "Sebanyak 23 armada akan dioperasikan untuk koridor XI, sisanya akan disebar," tambah Pristono.

Dia mengungkapkan pengadaan bus gandeng tersebut diprioritaskan pada tahun ini karena bus tunggal yang selama ini diterapkan di koridor-koridor awal sudah tidak memungkinkan menampung ribuan penumpang tiap harinya.

Banjir Ekstrem, Seberapa Parah Curah Hujan di Dubai?

Hingga saat ini tercatat penumpang Bus Transjakarta rata-rata mencapai 350 ribu penumpang per hari.

Setiap bus gandeng dapat mengangkut sekitar 180 penumpang. Artinya, jika diakumulasikan dengan jumlah 44 bus, sebanyak 7.920 penumpang akan diangkut dalam sekali jalan. 

"Dengan bus gandeng penumpang yang terangkut akan lebih banyak lagi, sehingga diharapkan tidak akan ada penumpukan penumpang," kata dia.

Dengan adanya penambahan bus gandeng, Pristono menegaskan, bukan berarti single bus (bus tunggal) akan dibuang begitu saja. Melainkan, bus tunggal itu akan dievaluasi masa pakai (lifetime).

Jika masa pakainya masih baik, akan dilakukan rehabilitasi atau perbaikan bus dengan memakai anggaran perbaikan. Rencananya bus tunggal yang akan direhab kebanyakan ada di Koridor I, II dan III, karena umurnya sudah mencapai hampir delapan tahun.

Sementara itu pada 2012 mendatang, Dishub DKI Jakarta juga akan menambah sebanyak 202 bus gandeng yang akan melengkapi 524 armada bus Transjakarta sebelumnya.

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 

Pengadaannya dilakukan secara bertahap yakni kuartal ketiga 2012 ada 66 bus gandeng, 76 bus gandeng di bulan Desember serta ditambah 60 armada cadangan. (umi)

Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Pelanggaran ganjil genap itu terekam kamera ETLE.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024