Biaya RS Pria Bakar Diri Ditanggung Negara

Aksi Solidaritas Bakar Diri
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Identitas pria yang nekat membakar diri di depan Kompleks Istana Kepresidenan masih misterius. Meski demikian, biaya pengobatan dan perawatan intensif di RS Cipto Mangunkusumo ditanggung negara.

"Itu pakai fasilitas negara sejak dia (korban) masuk. Dari awal ditanggung negara melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat)," kata Ketua Komisi IX Bidang Kesehatan DPR, Ribka Tjiptaning saat menjenguk korban di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Kamis 8 Desember 2011.

Ribka datang ke RS Cipto Mangunkusumo secara mendadak tanpa pemberitahuan awal. Kedatangan politisi PDI Perjuangan ini datang ke rumah sakit sekaligus untuk melakukan general check up sambil membesuk korban bakar diri.

Ribka melihat, pelayanan RSCM atas korban yang masih belum diketahui identitasnya itu cukup baik. Pasien mendapatkan layanan medis yang prioritas. "Kalaupun nanti ada keluarganya yang mengaku, jangan sampai dimintai pembiayaan," ujar Ribka.

Perawatan yang baik dilakukan RSCM, kata Ribka, dilakukan sejak awal pasien masuk. "Bukan karena saya mau datang ya," ujar dia.

Saat ini, pria yang diperkirakan berusia 40 tahun itu sudah dipindah dari ruang Intensif Gawat Darurat ke Ruang Isolasi. Ruang Isolasi merupakan ruang luka bakar khusus satu orang. Jadi penanganan korban akan lebih intensif dan mendapat perhatian penuh. (eh)

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024