UBK: Kami Tunggu Tes DNA Pria Bakar Diri

Sondang, Mahasiswa UBK yang diduga bakar diri
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Eka

VIVAnews - Sondang Hutagalung diduga merupakan pria yang melakukan aksi bakar diri di depan Kompleks Istana Kepresidenan pada Rabu petang 7 Desember 2011 lalu. Di kampus Universitas Bung Karno terdaftar nama Sondang Hutagalung.

"Sondang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Karno. Dia mahasiswa semester VII," kata Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Bung Karno, Daniel Panda, saat ditemui di ruang kerjanya, Jakarta Pusat, Jumat 9 Desember 2011.

Menurut Daniel, pihak kampus belum mendapat kepastian dari pihak berwenang manapun yang menyebut bahwa pelaku bakar diri itu merupakan mahasiswanya. Pihak universitas belum bisa bercerita banyak tentang kepastian identitas pria yang membakar diri di depan Istana itu.

"Kami menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada kepolisian. Kami tunggu tes DNA dulu," ujar Daniel.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

Bila kabar itu benar, Daniel benar-benar tidak menduga. "Kami benar-benar kaget dan tidak menyangka," kata dia.

Hingga kini, polisi dan RS Cipto Mangunkusumo belum memberikan kepastian identitas pria misterius itu. Tetapi, Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras), Haris Azhar, menduga, pria itu adalah Sondang Hutagalung.

"Namanya Sondang, dia mahasiswa Fakultas Hukum," kata Haris saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat 9 Desember 2011. Semalam Kontras sudah melakukan dialog dengan pihak yang mengaku keluarga.

Keluarga itu juga sudah mendatangi RS Cipto Mangunkusumo. "Untuk kepastiannya kami masih menunggu hasil tes DNA korban dan keluarga," ujar Haris. Menurut Haris, dia sering melihat pria ini karena kerap datang ke kantor KontraS saat ada aksi. (eh)

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024