Siaga Banjir, Sembilan Puskemas DKI Dirombak

Banjir di Kawasan Petogogan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merombak total sembilan Puskesmas di daerah rawan genangan. Selain itu, peningkatan pelayanan kesehatan juga ikut ditingkatkan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati mengatakan sembilan gedung Puskesmas yang akan diperbaiki total ada di Kecamatan Koja, Penjaringan, Cilincing, Tebet, Mampang Prapatan, Kebayoran Lama, Kembangan, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.

"Selain itu, ini merupakan wujud kesiapan kita mengantisapasi lonjakan pasien jika terjadi genangan," kata Dien, Jumat, 9 Desember 2011.

Hal ini juga untuk meningkatkan Standarisasi Puskesmas di DKI Jakarta yang sesuai dengan SK Gubernur No 3229 tahun 1999. Tentang bangunan, tenaga medis, peralatan dan kegiatan.

Gedung puskesmas di tingkat kecamatan harus dibangun empat lantai dengan luas 1.500 meter per segi. Sementara puskesman kelurahan dapat dibangun 2 sampai 3 lantai di atas tanah seluas 600 meter per segi.

Selain itu, untuk antisipasi Banjir di DKI telah didirikan sebanyak 10 Posko kesehatan dan 608 tenaga medis guna mengantisipasi berbagai penyakit korban banjir maupun pasca terjadinya banjir.

Tenaga medis ini akan disiagakan selama 24 jam yang tersebar di 19 titik. Tenaga medis itu akan ditempatkan di 19 titik rawan banjir di wilayah Jakarta Utara. Para petugas nantinya akan dipusatkan di setiap puskesmas kelurahan maupun puskesmas kecamatan. Peralatan logistik seperti, obat-obatan, ambulans dan seluruh perangkatnya seperti, tenda, bubuk abate, tawas, sudah disiapkan. (adi)

Bukti Kuat Emil Audero Jadi Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia
Ivan Gunawan

Heboh! Ivan Gunawan dan Saipul Jamil Bikin Geram Netizen Gegara Candaan Pelecehan Seksual

 Ivan Gunawan lagi-lagi jadi sorotan pengguna media sosial. Presenter yang juga desainer kenamaan ini beberapa waktu lalu sempat menggelar acara Open House di rumahnya. 

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024