Jalan Layang Jadi Jalur Evakuasi Saat Banjir

Pembangunan Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu - Tanah Abang (Casablanca)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Daerah Khusus Ibukota Ery Basworo bersama Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum DKI, Tarjuki, menerangkan langkah penting dalam penanganan banjir di kota-kota besar adalah mitigasi bencana banjir. Ini agar bencana banjir tidak memakan korban jiwa dan tidak melumpuhkan perekonomian sebuah kota.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Salah satu cara mitigasi yang ditempuh Pemprov DKI yaitu dengan membuat enam ruas jalan layang tol dalam kota yang sebentar lagi akan memasuki tahap lelang di pemerintah pusat. Juga, membangun dua jalan layang non tol dalam kota yaitu Kampungmelayu-Tanahabang dan Antasari-Blok M yang sedang dibangun dan akan selesai pada akhir 2012 mendatang.

“Delapan jalan layang ini akan menjadi tempat evakuasi terbaik buat para korban jika terjadi bencana banjir seperti di Thailand," kata Ery. "Kendaraan tetap akan beroperasi setiap hari, distribusi barang lancar karena ada jalan layang yang tidak terganggu genangan air sehingga perekonomian tidak lumpuh,” tuturnya dalam acara diseminasi akhir tahun Pemprov DKI di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 10 Desember 2011.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Dinas PU DKI pun mengusulkan, seharusnya pemerintah pusat juga membangun jalan layang menuju bandara Soekarno Hatta, sehingga aktivitas di bandara tidak terganggu dengan adanya banjir. Selain itu, kalau ada bantuan logistik dari luar negeri juga tidak akan terganggu karena bisa didistribusikan melalui jalan layang.

Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024