Kenaikan Tarif Parkir Sedang Dibahas DPRD DKI

Tukang parkir tengah mengatur di sebuah jalan Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, S. Andika, mengatakan usulan kenaikan tarif parkir yang disampaikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih dalam pembahasan.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

Rencana kenaikan itu baru dapat dilakukan setelah revisi Perda Nomor 5 Tahun 2009 tentang Perparkiran disahkan. Untuk itu, Andika mengimbau kepada pengusaha parkir, khususnya parkir offstreet, untuk tidak menaikkan tarif secara sepihak. 

"Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, para pengusaha sering memanfaatkan momen seperti ini. Baru rencana, tapi mereka langsung menaikkan," kata Andika dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Rabu 14 Desember 2011.

Manurutnya, mereka sengaja menaikkan parkir beberapa hari sampai akhirnya ditegur. "Pada akhirnya masyarakat juga yang dirugikan," ucapnya.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Andika menilai, seringnya praktik seperti itu dilakukan oleh para pengusaha mengingat tidak adanya sanksi tegas yang diberikan oleh Pemprov DKI. "Kalau hanya teguran mereka tidak takut," ucap dia.

Salah satu anggota Badan Legislatif Daerah ini juga berencana memasukkan sanksi tegas kepada pengusaha yang bandel dalam Rancangan Perda Perparkiran. "Tidak usah tanggung-tanggung, cabut izinnya," katanya.

Selain itu, kata dia, ada kecenderungan penolakan usulan kenaikan tarif parkir sebesar 400 persen itu. Karena dewan menganggap kebijakan tersebut merugikan masyarakat.

"Sampai sekarang saja belum tersedia gedung parkir secara optimal, masih banyak terdapat kebocoran dari pendapatan yang diterima dari parkir itu sendiri," katanya.

Dia menuturkan, apabila kenaikan tarif parkir hendak diberlakukan DKI, maka perbaikan mekanisme dan pembangunan harus dimaksimalkan.

"Kami sarankan untuk terapkan kebijakan parkir berlangganan, ini lebih bagus, manfaat dan keuntungannya lebih banyak," ujar Andika

Seperti diketahui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran DKI Jakarta, berencana menaikkan tarif parkir sebesar 400 persen pada 2012 mendatang. (eh)

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan telah sepakat dengan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk melanjutkan kontrak hingga 2027.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024