Fauzi Bowo: Jakarta Siaga 1 Banjir

Banjir di Rawabuaya, Cengkareng, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo bersama warga yang menghuni bantaran sungai di RT 4 dan 10 RW 2, Kelurahan Cawang, Jakarta Timur, melakukan gladi lapangan penanggulangan banjir di DKI Jakarta.

Dalam simulasi penanganan banjir tersebut, Fauzi Bowo menetapkan Jakarta siaga 1 banjir. Itu diakibatkan curah hujan tinggi yang mengguyur hampir di seluruh wilayah DKI Jakarta selama tiga jam lebih.

Keluarga Lettu Agam Buka Suara soal Isu Perselingkuhan yang Viral di Medsos

Tingginya curah hujan mengakibatkan peningkatan volume air sungai Ciliwung. Akibatnya Air meluap dan memakan satu orang korban jiwa.

Dalam simulasi tersebut, digambarkan kesiapan pemerintah Jakarta dalam penanganan korban banjir. Beberapa perahu karet dan tim penyelam dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana dikerahkan.

Selain itu, kesiapan pos pengungsian korban, tangki air bersih, serta dapur umum disiagakan tidak jauh dari lokasi yang diprediksi menjadi titik banjir.

"Gladi lapangan seperti ini diharapkan dapat dilakukan di wilayah kota lain yang rawan banjir, seperti di Jakarta Selatan. Air tidak mengenal batas wilayah," ujar Fauzi ketika membuka Gladi Lapangan di bantaran Kali Ciliwung, Jalan Kalibata, Cawang, Jakarta Timur, Kamis 15 Desember 2011.

Dia berharap, wilayah yang merupakan kawasan langganan banjir agar melakukan kegiatan serupa. "Bagi tempat yang langganan genangan atau banjir diharapkan mengadakan gladi lapangan secepatnya," katanya.

Menurutnya, kelurahan Cawang merupakan salah satu kawasan rawan banjir selain wilayah Kampung Melayu yang juga merupakan daerah langganan banjir.

"Kelurahan Cawang salah satu titik rawan banjir di Jakarta. Masih ada 62 titik rawan banjir yang perlu diperhatikan," ucap dia.

Fauzi meminta kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di bantaran kali untuk turut berpartisipasi dalam penanganan banjir di Jakarta.

Nikita Mirzani Bantah Buka Aib Mantan Kekasihnya, Pasca Sebut Alami Kekerasan Fisik dan Mental

"Tanpa adanya peran warga, tidak bisa pemerintah berperan secara optimal, kita harus siap menghadapi musibah seandainya musibah tetap tidak bisa dicegah," ujarnya. (umi)

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman

Anwar Usman Tidak Bakal Tangani Sengketa Pileg yang Melibatkan PSI

Juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono mengatakan Hakim Konstitusi Anwar Usman tak dapat menangani sengketa pemilihan legislatif (Pileg) yang melibatkan PSI.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024