1.068 Motor Baru di Jakarta, 2012 Macet Parah

Populasi Sepeda Motor di Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Lalulintas Jakarta terancam tak bergerak pada 2012 mendatang. Menurut data Dinas Perhubungan DKI Jakarta, setiap harinya, selama tahun 2011, sebanyak 1.068 motor bertambah di jalanan Jakarta.

"Itu baru sepeda motor. Belum lagi kendaraan roda empat yang tiap harinya bertambah sekitar 216 mobil," ujar Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Riza Hashim, di Jakarta, Kamis, 15 Desember 2011.

Peningkatan penggunaan kendaraan pribadi ini, tidak diimbangi dengan kapasitas jalan yang hanya bertambah sekitar 0,01 persen dalam setahun. Dengan kondisi seperti ini, kemacetan parah akan terjadi saat warga mulai keluar rumah.

Masih berdasarkan data dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jumlah kendaraan di Jakarta pada tahun 2007 sebanyak 5,8 juta kendaraan dengan rincian 2,2 juta mobil dan 3,6 juta motor. Pada tahun 2008, jumlah kendaraan kembali meningkat menjadi 6,3 juta kendaraan dengan rincian 2,3 juta mobil dan 4 juta motor.

Sementara pada tahun 2009, jumlah kendaraan kembali naik menjadi 6,7 juta dengan rincian 2,4 juta mobil dan 4,3 juta motor. Pada 2010, peningkatan jumlah kendaraan menembus angka 7,29 juta dengan rincian 2,56 juta mobil dan 4,73 juta motor.

"Tahun ini meningkat lagi jadi 7,34 juta kendaraan, kendaraan roda empat sebesar 2,5 juta dan kendaraan roda dua hampir 5 juta," paparnya.

Sementara itu, anggota Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Iskandar Abubakar mengatakan, dengan keadaan seperti ini produksi kendaraan dan pembelian kendaraan oleh masyarakat harus segera dibatasi.
"Perbaikan kendaraan umum dan optimalisasinya harus diutamakan agar masyarakat mau berpindah menggunakan kendaraan umum," tegasnya.

Tanggungjawab lalulintas ibukota sesungguhnya bukan milik Pemerintah Provinsi DKI semata. Pasalnya, wewenang pembatasan kendaraan pribadi berada pada pemerintah pusat.

Dalam perbincangan dengan VIVAnews.com beberapa waktu lalu, Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Soeroyo Amoeso, mengaku tak akan melakukan pembatasan kendaraan pribadi guna mengurangi kemacetan ibukota.

"Itu hak asasi manusia. Kenapa harus dibatasi," kata dia.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL
Sandra Dewi

Sandra Dewi Tak Lagi Jadi Brand Ambassador Produk Ini, Buntut Kasus Harvey?

Di tengah kasus yang menimpa suaminya, Sandra Dewi harus menelan pil pahit lantaran kontrak kerjasamanya sebagai brand ambassador produk pembalut harus terhenti.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024