Komunitas TransJakarta: Busway Kian Buruk

Busway Terbakar
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Jelang peresmian koridor XI, Komunitas Suara Transjakarta menilai pelayanan moda transportasi massal tersebut kian memburuk. Mereka mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera melakukan perbaikan terhadap sarana bus.

"Kami sempat berdialog dengan Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, tapi tampaknya tak ada solusi juga. Padahal kondisi bus saat ini semakin memburuk," kata Pembina Komunitas Suara Transjakarta, Yanto Sugiharto di Jakarta, Selasa 20 Desemmber 2011.

Menurut Yanto, BLU Transjakarta saat ini mengaku tidak bisa lekas bertindak mengatasi penurunan pelayanan karena terbentur sistem birokrasi. Pihak BLU, lanjutnya, harus melakukan laporan dan menunggu persetujuan dari atasan baru dapat bergerak.

Yanto menilai, sebaiknya BLU diubah menjadi semacam Strategic Business Unit (SBU) yang mampu mengurus keuangan sendiri sehingga untuk perbaikan dan perawatan tidak perlu menunggu sistem birokrasi yang berbelit. Dengan demikian, kondisi bus akan nyaman.

"Sekarang ini kan tidak bisa seperti itu. Ibarat manusia, laparnya sekarang baru dikasih makan dua bulan kemudian. Sama seperti bus, butuh perawatan sekarang, uangnya baru turun dua bulan kemudian," kata dia.

Dia mengungkapkan perubahan sistem birokrasi ini perlu karena masyarakat sudah tidak dapat menunggu lagi perbaikan moda transportasi massal itu.

"Apa harus tunggu jatuh korban dulu baru bertindak. Kasihan masyarakat banyak," ujarnya.

Perawatan yang kurang ini, terang dia, tampak pada Koridor I (Blok M-Kota) yang kondisi armadanya sudah tidak memadai lagi. Pendingin ruangan kerap bocor, pegangan bagi penumpang yang berdiri sudah copot dan lantai bus banyak yang mulai mengelupas. Maklum saja, usia armada di Koridor I ini sudah lebih dari lima tahun.

Meski begitu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan bahwa sebanyak 44 armada bus akan datang akhir tahun ini. Nantinya bus ini memang akan digunakan untuk Koridor XI yang akan diresmikan pada 28 Desember mendatang.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Tapi sisanya, bus tersebut akan disebar ke koridor-koridor yang memerlukan, salah satunya Koridor I. (umi)

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Skincare tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki masalah kulit yang sudah ada, tetapi juga untuk mencegah timbulnya masalah baru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024