Natal di GKI Yasmin Tunggu Izin Kapolda

Gamawan Fauzi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kementerian Dalam Negeri menunggu keputusan Kapolda Jawa Barat untuk pelaksanaan perayaan Natal di lokasi Gereja Kristen Indonesia (GKI), Taman Yasmin, Bogor. Keputusan yang dikeluarkan Kapolda itu dibahas dalam pertemuan yang sedang berlangsung di Bogor.

"Kemarin disepakati bahwa untuk merayakan Natal dan Tahun Baru di lokasi itu tergantung pertemuan hari ini dengan Kapolda," kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Istana Negara, Jakarta, Rabu 21 Desember 2011.

Menurut Gamawan, bila Kapolda mengizinkan untuk diselenggarakannya perayaan Natal di lokasi maka silakan dilakukan. Tetapi, bila ada instruksi Kapolda dengan pertimbangan keamanan agar acara digelar di lokasi lain, maka itu harus dipatuhi.

"Kami sepakat pada pertemuan siang ini di Bogor. Kami, Polda, pihak Yasmin dan Pemda. Kalau Polda menjamin di situ aman, ya tidak apa-apa," kata mantan Gubernur Sumatera Barat ini.

Untuk tahun-tahun berikutnya dan kegiatan jangka panjang lainnya akan dibahas dalam pertemuan intensif. Kementerian Dalam Negeri dalam posisi memfasilitasi agar terciptanya jalan keluar dalam kisruh ini.

Kisruh semakin panjang setelah Walikota Bogor Diani Budiarto membatalkan izin mendirikan bangunan (IMB) GKI Taman Yasmin. Padahal, Mahkamah Agung menyatakan bahwa IMB gereja itu sah sehingga GKI Yasmin boleh didirikan di kompleks elit itu.

Bahkan, Ketua MA Harifin Andi Tumpa mengatakan Walikota Bogor harus melaksanakan putusan MA terkait kisruh GKI Taman Yasmin tanpa syarat. Menurut Harifin, jika Walikota Bogor tidak melaksanakan putusan MA terkait GKI Yasmin, justru dapat membuat kerukunan umat beragama disorot dunia internasional. (umi)

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo: Kita Harus Bersatu di Dalam atau Luar Pemerintahan

Prabowo mengajak semua pihak untuk bersatu demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024