Elang Bondol Maskot Pilkada DKI 2012

Balai Kota Jakarta
Sumber :
  • www.jakarta.go.id

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta meluncurkan maskot, jingle dan mars pemilukada DKI Jakarta. Sebagai maskot, dipilih Elang Bondol yang sedang memegang kotak suara.

Menurut Ketua KPU DKI Jakarta, Juri Ardiantoro, pemilihan ditujukan untuk menumbuhkan semangat masyarakat DKI Jakarta mengikuti pemilihan gubernur.

Sedangkan jingle pilgub berjudul 'nyok kite milih' dan mars yang berjudul 'Pemilukada DKI Jakarta'.

"Maskot, jingle dan mars ini dipilih melalui lomba yang dilakukan dari 7 November sampai 15 Desember 2011," ujar Juri di Jakarta, Kamis 22 Desember 2011.

Juri menjelaskan lomba ini diikuti oleh empat belas peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. "Ada dari Surabaya, Yogyakarta, Tangerang, Bekasi, Depok dan Jakarta," katanya.

Pembuat maskot Elang Bondol, Endra Sulendra, mengungkapkan, dipilihnya hewan ini karena Elang Bondol adalah satwa langka di DKI Jakarta yang dilindungi dan menjadi maskot ikon ibukota selain Monas.

Sebelumnya KPU telah menetapkan jadwal pemungutan suara tahap pertama pada 11 Juli 2012. Kemudian, untuk pemungutan suara tahap dua dijadwalkan pada 20 September 2012.

Namun putaran kedua ini baru dilakukan jika ada gugatan dari pasangan lainnya, atau jika pasangan calon perolehan suaranya tidak mencapai 50 persen.

Untuk pemungutan suara putaran kedua, akan diberi waktu masa tenang tiga hari dan tidak ada masa kampanye.  "Hanya akan ada dua pasangan calon yang akan mengikuti putaran kedua. Ini tergantung dengan adanya gugatan atau tidak," jelasnya.

Menurut Juri, pihaknya juga telah mengajukan anggaran untuk dua kali putaran. Anggaran yang diajukan sebesar Rp253 miliar. "Anggaran yang kita ajukan sudah untuk dua kali putaran. Anggaran lebih banyak terserap untuk honor petugas dan logistik," tandasnya.

Berikut Jadwal dan Tahapan Pemilukada DKI Jakarta:

Pemilukada 2012

1. Pendaftaran Cagub : 13-19 Maret 2012
2. Kampanye: 24 Juni - 7 Juli 2012
3. Masa Tenang: 8 Juli - 10 Juli 2012
4. Pemungutan Suara: 11 Juli 2012
5. BAP, Rekap Hasil dan Penetapan Calon Terpilih: 19-20 Juli 2012
6. Pelantikan dan Sumpah Janji: 7 Oktober 2012

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

(eh)

VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024