Ganti Tahun, Busway Hanya Sampai Pukul 18.00

Sejumlah kendaraan memasuki jalur busway.
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianu

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk tidak mengoperasikan bus TransJakarta pada malam pergantian tahun baru 2012.

PAN Anggap Anies dan Ganjar Hadir atau Tidak dalam Penetapan Prabowo Tak Ada Pengaruhnya

Semua koridor TransJakarta hanya beroperasi sampai pukul 18.00 WIB. Pada hari biasa, bus melayani penumpang dari pukul 4.30 WIB sampai 22.00 WIB.

"Keputusan ini diambil guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, di Jakarta, 28 Desember 2011.

Pristono mengatakan mekanisme ini diambil berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, yakni setiap perayaan malam pergantian tahun seluruh sudut jalan di Ibukota mengalami kemacetan yang sangat parah. "Padatnya lalu lintas, membuat kendaraan sulit bergerak," ucapnya.

Menurut dia kondisi itu sangat membahayakan. "Misalnya saja, jika ada orang yang tidak suka dengan busway maka melakukan hal yang bersifat negatif, seperti melakukan pengrusakan, mencoret-coret, dan sebagainya," kata dia.

Selain itu, kepadatan lalu lintas di Jakarta pada malam tahun baru akan semakin parah bila busway tetap dioperasikan pada malam hari.

Anies dan Cak Imin Hadir ke KPU Jelang Penetapan Prabowo-Gibran

Dia mengungkapkan bus TranJakarta memiliki jalur atau koridor tersendiri. Jika kondisi ibukota macet total, maka koridor tersebut masih bisa dimanfaatkan pengendara lainnya untuk berlalu lintas.

"Atas kebijakan ini, kami meminta maaf kepada seluruh pelanggan, sebab bus tidak beroperasi seperti hari biasanya yakni sampai pukul 22.00 WIB," ujar Pristono.

Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta menderek mobil yang parkir sembarangan di Jalan Raya Mangga Besar, Jakarta

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Pinggir jalan atau bahu jalan sebenarnya tidak boleh digunakan sebagai tempat parkir karena dapat mengganggu mobilitas pengguna jalan lainnya. Pahami aturan soal parkir.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024