Komik Kritik Jakarta, Kado Akhir Tahun Foke

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mendapat 'kado' akhir tahun dari kartunis kondang M. Mice Misrad dan novelis Ita Sembiring, sebuah komik humor bertajuk 'Jakartaku Harapanku' dan 'Andai Aku Jadi Gubernur Jakarta'.

Buku tentang kritik warga Jakarta terhadap persoalan yang ada di ibukota ini mengambil Foke sebagai figurnya.

"Saya surprise dan berterima kasih mendapat penghargaan jadi figur buku ini," ujar Fauzi Bowo, Jumat, 30 Desember 2011.

Menurut Foke, komik humor ini adalah aspirasi warga saat acara Ulang Tahun Jakarta ke-484. Warga menyampaikan kritik mereka melalui even ubeg-ubeg dan kotak nyablak.

"Semoga jadi dorongan bagi Pemprov DKI ke depan dan saya yakin akan banyak peminatnya karena yang membuat adalah expert-nya," ujar Foke.

Selain buku komik, Foke juga dihadiahi foto cover buku tersebut dalam ukuran yang cukup besar.

"Cover buku itu pasti akan saya pasang di kamar kerja saya. Semoga aspirasi bisa terus saya tampung untuk kemajuan Jakarta ke depan," tuturnya.

Novelis Ita Sembiring yang bekerjasama dengan kartunis Mice dalam pengerjaan buku ini, mengaku bangga bisa diberi kesempatan menerbitkan buku ini.

"Jarang-jarang ada tokoh seperti pak Foke ini yang mau dijadikan figur buku dan dikritik segala macam hal," ucapnya.

Ita sendiri mengaku sudah sejak lama ingin berkolaborasi dengan Mice, yang terkenal lewat duetnya bersama Beny. Akhirnya kesempatan itu datang usai HUT Jakarta pada Juni 2011.

Dalam buku ini, Ita mengaku memposisikan dirinya dalam dua peran, tak hanya sebagai warga, namun juga sebagai pemimpin kota Jakarta.

"Sesekali saya menempatkan diri sebagai gubernur. Sama sekali tidak bermaksud menggurui, karena itu bukan tujuan dari buku ini, tapi ini suara warga Jakarta," ungkapnya.

Ita pun menampik kehadiran buku ini ada kaitannya dengan perhelatan Pilkada DKI Jakarta pada 2012 mendatang.

"Anda tidak bisa menyimpulkan ini ada kaitannya dengan Pilkada DKI 2012 sebelum Anda membaca buku ini. Tapi kami pastikan ini benar-benar suara dari warga Jakarta, kami tidak menguntungkan atau merugikan salah satu pihak," tuturnya. (eh)

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan
Ilustrasi ekspor impor.

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan pemerintah terus memonitor dampak perlambatan ekonomi global terhadap ekspor Indonesia yang dipicu panasnya konflik Iran-Israel

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024