Jalan Kawasan Ragunan Berlaku Buka-Tutup

Liburan tahun baru di Ragunan
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Banyak tempat wisata di Jakarta yang menjadi incaran masyarakat disaat libur tahun baru. Salah satunya, Taman Margasatwa Ragunan.

Kepala Humas Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, sejak dibuka pagi tadi hingga pukul 12.00 WIB, sudah ada 50 ribu pengunjung kebun binatang Ragunan.

"Untuk liburan ini, kami tidak menyuguhkan hiburan spesial. Tetapi hanya menyediakan pertunjukan seperti biasa, mulai onta dan gajah tunggang. Untuk harga tiket masuk juga tidak mengalami kenaikan Rp 3.000 hingga Rp4.000," ujar Wahyudi di Jakarta, Minggu 1 Januari 2011.

Wahyudi menjelaskan, jika pada hari libur nasional, Taman Margasatwa Ragunan akan dipenuhi lebih dari 50 ribu pengunjung. Terlebih pada saat ini jatuh pada hari Minggu. Banyaknya pengunjung yang datang, kata Wahyudi, jelas berdampak pada kemacetan jalan menuju tempat wisata Ragunan itu.

Kemacetan didominasi oleh kendaraan pribadi yang ingin memarkir di dalam tempat yang disediakan. Tetapi karena kapasitas tempat parkir terbatas, maka banyak warga yang memarkirkan kendaraanya disembarang tempat. Untuk itu, bagi warga yang akan menuju Ragunan, diharapkan tidak menggunakan kendaraan pribadi, melainkan naik angkutan umum.

"Kita kesulitan mengatur dengan pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi," katanya.

Akibat lonjakan pengunjung, Polres Jakarta Selatan memberlakukan sistem buka tutup. Wakasat Lantas Polres Jakarta Selatan Kompol Sungkono mengatakan, pihaknya memberlakukan sistem tersebut pada Jalan RM Harsono menuju gerbang utama Ragunan.

"Kita sudah siapkan 156 anggota gabungan Polres Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya untuk mengatur arus lalu lintas," katanya.

Sungkono mengatakan, bila terjadi kepadatan kendaraan dari Jalan Mangga Besar dan Buncit Raya akan diarahkan menuju Jalan TB Simatupang kemudian berputar di bawah fly over Lenteng Agung. Jika di TB Simatupang padat, pihaknya akan membelokkan ke kanan melalui Trakindo Cilandak.

Sementara itu, bila jalur ditutup maka Bus Transjakarta tidak dapat melewati Jalan RM Harsono dan harus berputar di perempatan Kementerian Pertanian. Halte bus Transjakarta Departemen Kementerian ditutup. Sebab, kendaraan sudah terlihat antre menuju Gerbang Utama Ragunan.

Kepadatan arus lalu lintas sudah terlihat di perempatan Kementerian Pertanian. Warga yang hendak berekreasi ke Ragunan, berjalan kaki sekitar 500 meter menuju pintu masuk.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran
VIVA Militer: Juru Bicara Hamas Palestina, Abu Ubaida (Abu Obeida)

Abu Ubaida Bongkar Fakta Kegagalan Israel di Hari ke-200 Pembantaian Gaza

Tentara Israel disebut Ubaida belum mencapai keberhasilan apapun.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024