Penertiban Penumpang KRL Ricuh

Penertiban Penumpang KRL
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Penertiban penumpang yang berada di atas atap Kereta Rel Listrik (KRL) di stasiun Cikini, Jakarta Pusat berlangsung ricuh. Penumpang meneriaki petugas yang melakukan penertiban.

Petugas yang menertibkan penumpang dengan meminta agar penumpang yang berada di atas atap turun dilempari batu. Sontak, petugas yang menertibkan pun marah dan berusaha naik ke atap kereta dan menggebrak atap kereta.

"Jangan kami yang ditertibkan dong, keretanya yang dibanyakin," teriak salah satu penumpang, Selasa 3 Januari 2012.

Sebelum sempat menegur penumpang itu, petugas turun dari kereta karena kereta segara berangkat.

Kepala penertiban PT KA, Akhmad Sujadi mengatakan, PT KA telah melakukan sosialisasi untuk mengajak penumpang yang berada di atas gerbong agar masuk ke dalam gerbong. Sosialisasi ini dilakukan sejak 1 hingga 10 Januari 2012.

Akhmad mengatakan, sebelumnya, PT KA telah memasang teralis di stasiun bawah, ini untuk mencegah agar penumpang tidak naik. Namun, umumnya mereka naik di stasiun layang seperti Gondangdia dan Cikini. "Teralis ini nanti akan dipasang atau ditambah dengan kawat berduri," kata dia di stasiun Cikini, Jakarta Pusat.

Selain itu, untuk mencegahan, PT KA juga akan permanenkan penampar halilintar. Penampar halilintar itu, yang semula menggunakan fiber akan diganti dengan menggunakan besi.

"Kan waktu itu penampar halilintar itu kan masih pake fiber, itu mudah dirusak. Sekarang penampar pake besi, biar jatuh, karena mereka harus tau kalau naik ke atap sudah pasti resikonya jatuh," kata dia.

Selain memasang penampar halilintar, PT KAI juga akan memasang Goaltrain, itu semacam gawang agar para penumpang tersangkut. "(Goltrain dan penampar halilintar) harus diselesaikan Januari ini," kata dia.

Selain itu, PT KAI juga akan memasang kawat berduri di beberapa stasiun. Diantaranya, stasiun Jakarta Kota, Manggarai, Tebet, Cawang, Pasar Minggu, Depok baru, Depok Lama, dan Citayam. (adi)

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024