DKI: Hujan, Pengaspalan Sudirman Ditunda

Gorong-gorong di Jalan Sudirman, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Ruas Jalan Sudirman, Jakarta, tepatnya di depan gedung BRI, saat ini masih dalam keadaan rusak dan bergelombang. Jalur itu telah mencelakakan puluhan pengendara yang melewatinya. Namun hingga semalam, belum juga diperbaiki.

Jalan sepanjang kurang lebih 400 meter tersebut, mulai dari depan Gedung BCA hingga belokan gedung BRI masih saja belum rata, dan berkerikil. Tak hanya itu, di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak lubang-lubang kecil yang dapat membahayakan pengendara.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum, Herning Wahyuningsih, mengaku pihaknya hingga hari ini masih terus berupaya merampungkan masalah perataan dan pengaspalan jalan agar dapat rampung sesuai target, yaitu pada 9 Januari 2012 mendatang. Akan tetapi karena hujan terus mengguyur Jakarta di malam hari pekerjaan pun menjadi terhambat.

Menurut Herning, hujan memang menjadi kendala paling berat saat melakukan pemadatan jalan dan pengaspalan.

"Kalau hujan terus, aspalnya tidak akan nempel. Jadinya pekerjaan kami hentikan," ujar Herning, di Jakarta, Jumat, 6 Januari 2012.

Dia menuturkan, ada sekitar 30 pekerja yang tengah merapikan kembali jalan Sudirman di kawasan depan gedung BRI pusat. Para pekerja ini, kata Herning, bekerja setiap malam, sejak pukul 22.00 WIB hingga 04.00 WIB.

"Memang saat ini ketidaknyamanan pengendara karena fungsi jalan terganggu masih terjadi. Tapi di jalan kan juga ada fungsi lain seperti saluran air. Ini yang masyarakat juga perlu tahu," kata dia.

Herning mengakui pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini membuat fungsi jalan menjadi sedikit terganggu. Meski demikian, Herning mengatakan, pihaknya akan berusaha meminimalkan risikonya.

Dia mengungkapkan secara keseluruhan di beberapa lokasi bekas galian pembangunan saluran air sudah terlihat lebih rapi, dibanding beberapa hari sebelumnya. Pada beberapa titik juga tampak tiga mesin berat yang digunakan untuk mengaspal jalan.

Jalan Sudirman yang sebelumnya bergelombang sudah cenderung rata. Namun masih banyak sekali grill-grill yang ditanam terlalu dalam, sehingga dapat membuat ban motor pengendara terjeblos ke dalamnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Ery Basworo, menuturkan jalan di sisi timur Sudirman (sisi Polda) sudah dilakukan patching atau tambal ulang. "Sekarang kami tinggal menunggu pemadatan dan pemantapan. Setelah itu dilapis ulang bekas galian gorong-gorong bersama-sama dengan yang lama, atau yang di sebelahnya," ucap Ery.

Sedangkan untuk sisi jalan yang dekat dengan Bendungan Hilir hampir tertutup aspal semua. "Rencananya tadi malam mau langsung ditutup, tapi semalam hujan deras di plant dan di site, jadi pengaspalan ditunda," katanya. (eh)

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak
Toyota Starlet

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Mobil hatchback legendaris Toyota Starlet dikabarkan akan kembali dihidupkan kembali. Namun, kabarnya pabrikan asal Jepang itu akan jadikan Starlet sebagai mobil listrik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024