7,5 Juta Warga Akan Pilih Gubernur Jakarta

Pemilih masukkan surat suara ke kotak suara dalam simulasi pemilu.
Sumber :
  • Antara/ Jessica Wuysang

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyerahkan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Data tersebut diserahkan dalam bentuk cetakan daftar penduduk sebanyak 742 jilid dan 267 keping CD pada akhir pekan lalu.

Dari data itu diketahui ada sebanyak 7.545.989 juta jiwa penduduk Jakarta yang akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam pemungutan suara 11 Juli 2012 mendatang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Purba Hutapea, menjelaskan dari hasil pembersihan data per November 2011, tercatat pemilih potensial dalam DP4 untuk DKI Jakarta mencapai 7,5 juta jiwa.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Dengan rincian, pemilih potensial di Kepulauan Seribu sebanyak 17.560 jiwa, Jakarta Pusat (843.457 jiwa), Jakarta Utara (1.273.669 jiwa), Jakarta Barat (1.686.297 jiwa), Jakarta Selatan (1.557.611 jiwa) dan Jakarta Timur sebanyak 2.545.989 jiwa.

Bila dilihat dari sisi gender, jumlah pemilih potensial perempuan mencapai 3.678.745 orang, sedangkan pria 3.867.244 orang.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Juri Ardiantoro, menambahkan, setelah DP4 diserahkan, KPU akan langsung membuat pemetaan untuk setiap TPS. Kemudian data tersebut diserahkan kepada petugas pemutakhiran di kelurahan untuk melakukan verifikasi data penduduk.

"Di sinilah kesempatan bagi warga Jakarta untuk melihat apakah dirinya atau seluruh keluarganya sudah terdaftar sebagai pemilih potensial Pemilukada 2012. Kalau datanya kurang, bisa langsung dilaporkan untuk diperbaiki. Waktunya sebulan untuk pemutakhiran data," kata Juri di Jakarta, Senin 9 Januari 2012.

Selanjutnya, KPU menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan akan diumumkan kembali kepada masyarakat untuk verifikasi data. Setelah itu penetapan DPT yang ditarget diumumkan pada pertengahan Mei 2012.

Sebab pada saat itu, data DPT tersebut akan digunakan untuk penyediaan logistik pemilukada seperti kotak suara, surat suara dan peralatan lainnya.

Kemnaker Berkomitmen Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Salah satu tantangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka nanti adalah persoalan konflik di Papua. Jusuf Kalla yang pernah tangani konflik Aceh, ikut memberi saran

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024